Wikipedia:Halaman Utama/Ringan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Kartu judul

Pareh adalah sebuah film Hindia Belanda (sekarang Indonesia) tahun 1936. Film ini disutradarai Albert Balink dan Mannus Franken dari Belanda dan dibintangi oleh aktor amatir pribumi Raden Mochtar dan Doenaesih. Alurnya bercerita tentang cinta terlarang antara seorang nelayan dan putri petani. Balink mulai mengerjakan film ini pada 1934, bekerja sama dengan Wong Bersaudara selaku sinematografernya. Mereka mengumpulkan dana sebesar 75.000 gulden—lebih besar daripada film-film lokal lainnya—dan memboyong Franken dari Belanda untuk membantu pembuatannya. Film ini disunting di Belanda setelah direkam di Hindia Belanda. Film ini sukses dan disambut hangat oleh penonton Eropa, tetapi mengecewakan para penonton pribumi; meski sukses, Pareh membuat para produsernya bangkrut. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Perpustakaan AleksandriaHipatiaSaqifah Bani Sa'idah

Gambar pilihan

Peluncuran roket Falcon 9 oleh SpaceX di fasilitas SLC-40 milik Angkatan Antariksa Amerika Serikat.
Peluncuran roket Falcon 9 oleh SpaceX di fasilitas SLC-40 milik Angkatan Antariksa Amerika Serikat.
(ukuran asli: 3.546 × 2.367 piksel, 2,52 MB)

Oleh: BugWarp
Lisensi: CC BY-SA 4.0

Peristiwa terkini

Banjir lahar dingin
Banjir lahar dingin

17 Mei dalam sejarah

17 Mei: Hari Konstitusi di Norwegia (1814); Hari Sastra Galisia di Galisia, Spanyol; Hari Kenaikan dalam Kristen Barat

Tanggal lain: 16 Mei 17 Mei 18 Mei

Hari ini tanggal 17 Mei 2024 (UTC) – Muat ulang

Tahukah Anda...

  • "... bahwa lamtoro cenderung menjadi gulma karena sangat mudah tumbuh walaupun setelah dipangkas, ditebang, atau dibakar?"
  • "... bahwa setiap Jumat, selama masa pemerintahan Bupati Jayawijaya Jos Buce Wenas, jalan di depan rumah dinas bupati ditutup untuk kendaraan bermotor dan dijadikan trek skateboard?"
  • "... bahwa biji dari beberapa jenis tanaman tidak dapat dicerna oleh saluran pencernaan hewan sehingga konsumsi buah oleh hewan dapat menjadi sarana penyebaran biji yang keluar melalui kotoran hewan?"
  • "... bahwa sesudah dijual pertama kali pada tahun 1955, iodin povidon telah menjadi antiseptik iodin yang secara umum lebih dipilih?"