Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Paleontologi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Paleontologi[sunting sumber]

Pengusul: ANNAFscience (b • k • l)
Status:    Dalam diskusi


ANNAFscience Sort Horse-stall? 29 April 2024 04.25 (UTC)[balas]

Sepertinya masih bisa dikembangkan lagi. Dengan tiga subbagian tingkat dua, sepertinya masih banyak potensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Medelam (bicara) 29 April 2024 06.46 (UTC)[balas]

Apakah teks hasil dari terjemahan en.wiki layak/boleh untuk masuk kriteria AP? ANNAFscience Sort Horse-stall? 29 April 2024 12.43 (UTC)[balas]
Sejauh yang saya tahu tidak ada larangan dan merupakan sebuah hal yang sering dilakukan. Medelam (bicara) 29 April 2024 14.16 (UTC)[balas]
Baik, makasih konfirmasinya. Otw gas ngembangin. ANNAFscience Sort Horse-stall? 29 April 2024 23.51 (UTC)[balas]

Komentar S264[sunting sumber]

Saya kurang yakin jika artikel ini memang ditujukan langsung ke Artikel Pilihan. Ada sedikit catatan berdasarkan hasil baca cepat saya.

  • Dibandingkan versi asli dari artikel (enwiki), rasanya penerjemahannya belum tuntas.
  • Saya tidak melihat adanya pemeriksaan rujukan yang digunakan berdasarkan riwayat terakhir akses rujukan.
  • Bersamaan dengan poin kedua, maka... bagaimana cara memastikan kevalidan kalimat yang tertulis di sana?
  • Tidak ada pembahasan sesederhana etimologi? Mengapa harus ambil dari perspektif bahasa Inggris pada bagian pendahuluan artikel?
  • Masih butuh pembenahan penulisan tata bahasa, termasuk alih bahasa yang nampaknya masih kaku.
  • Mohon maaf sekali harus membawa riwayat penerjemahan Bung ANNAFscience. Menimbang artikel terjemahan topik biologi lain yang Anda terjemahkan relatif butuh tinjau ulang, maka saya rasa artikel ini juga butuh peninjauan lebih lanjut sesuai kevalidannya.

Mungkin itu dari saya. Nuwun. – S264 [badhé ngobrol?] 2 Mei 2024 14.47 (UTC)[balas]

Komentar Fabi Fuu[sunting sumber]

Ada banyak kalimat yang masih membingungkan dan istilah-istilah yang perlu diperbaiki. Menurut saya, artikel ini belum layak untuk menjadi artikel pilihan dan masih perlu dikembangkan lagi.

  • Penerjemahan masih kaku, banyak yang tidak pas, atau malah sulit dimengerti. Saya berikan beberapa contoh:
  1. Contoh 1: "Penggunaan berbagai metode ini memungkinkan paleontologi untuk menemukan sejarah evolusioner kehidupan, yaitu ketika bumi menjadi mampu mendukung terciptanya kehidupan, hampir 4 miliar tahun yang lalu." Tidak pas bila dikatakan paleontologi "menemukann" karena bukan orang. Secara keseluruhan, kalimat ini juga sulit dipahami. Bisa ditulis ulang.
  2. Contoh 2: "Seiring pengetahuan mengenai ilmu ini bertambah, paleontologi telah mengembangkan subdivisi-subdivisi yang terspesialisasi." Cukup aneh, padahal bisa diganti dengan "Seiring waktu, palentologi telah berkembang menjadi beberapa subdivisi yang terspesialisasi."
  3. Contoh 3: "Bukannya berfokus pada organisme-organisme individual, paleoekologi mempelajari hubungan-hubungan antara organisme-organisme kuno yang berbeda, seperti mempelajari rantai makanan mereka, dan hubungan dua-jalur antara mereka dan lingkungan mereka." Kata "bukannya" di awal ini cukup aneh dan perlu diparafrase lagi.
  4. Contoh 4: "Mengklasifikasikan organisme purba juga sulit, karena banyak dari mereka tidak cocok dengan baik pada metode Taksonomi Linnaeus, membuat paleontolog umumnya lebih sering menggunakan kladistika." Kata "mereka" tidak cocok di sini karena hanya berlaku untuk kata ganti orang. "... tidak cocok dengan baik pada metode Taksonomi Linnaeus, ..." Ini juga aneh, dan sulit sekali dipahami.
  • Terlalu banyak tanda kutip. Pelajari penggunaan tanda kutip yang benar.
  • "Definisi paling sederhana dari "paleontologi" adalah "studi mengenai kehidupan kuno"." Mengapa "paleontologi" dan "studi mengenai kehidupan kuno" diberi tanda kutip? Tidak perlu!
  • Masih banyak contoh lainnya, seperti "Biologi perkembangan evolusioner, biasanya disingkat sebagai "evo-devo", juga membantuk paleontolog untuk menghasilkan "pohon keluarga" organisme kuno dan memahami fosil" Pohon keluarga dan evo-devo tidak perlu diberi tanda kutip. Kedua kata tersebut sudah benar proper noun.
  • Kurang lengkap. Bisa diperlengkap dengan menerjemahkan artikel di Wikipedia bahasa Inggris. Walau demikian, aku kurang sreg dengan pembagian bab artikel Paleontologi yang diawali dengan Ringkasan dulu. Aku lebih suka pembagian bab di artikel yang langsung dijelaskan sejarahnya. Secara umum, urutan penyajian informasi di artikel Paleontologi kurang baik.

Salam, Fabi Fuu 76 13 Mei 2024 14.45 (UTC)[balas]


KomentarAgus Damanik[sunting sumber]

Sebaiknay diterjemahkan dahulu sesuai dengan kualitas artikel bagus di Wikipedia Bahasa Inggris bila artikel ini ditujukan sebagai penerjemahan dari Wikipedia Inggris Agus Damanik (bicara) 13 Mei 2024 17.09 (UTC)[balas]