Warung Madura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Warung Madura merujuk pada toko kelontong yang menjual berbagai barang untuk sehari-hari. Mulai dari kebutuhan dapur, aneka jajanan, pulsa dan token listrik, hingga bensin eceran. Selaras dengan namanya, pemilik atau penjaga warung ini berasal dari Madura. Sehingga, itulah yang jadi alasan penamaan toko kelontong tersebut sebagai warung Madura.

Ini bermula seorang perantau asal Sumenep yang sukses menjalankan toko kelontongnya di suatu kota besar. Kabar kesuksesan itu segera menyebar di kampung halaman . Hal tersebut membuat orang-orang terdekatnya tertarik untuk menjalankan jenis usaha yang sama. Terlebih, jiwa perantau yang melekat pada masyarakat Madura turut mendorong tekad mereka untuk membuka toko kelontong yang kini dikenal sebagai warung Madura.

Warung Madura semakin berkembang pesat dari hari ke hari. Sebab, ada daya tarik tersendiri yang dimiliki warung Madura. Barang-barang yang dijual di dalamnya tergolong murah. Faktor ini menjadi pertimbangan sebagian masyarakat lebih memilih untuk belanja di warung Madura.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]