One Week Friends (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
One Week Friends
Poster
Nama lain
Jepang一週間フレンズ。
SutradaraShōsuke Murakami [ja]
SkenarioYōko Izumisawa [ja]
Berdasarkan
One Week Friends
oleh Matcha Hazuki
PemeranHaruna Kawaguchi
Kento Yamazaki
DistributorShochiku
Tanggal rilis
  • 18 Februari 2017 (2017-02-18)
NegaraJapan
BahasaJapanese

One Week Friends (一週間フレンズ。, Isshūkan Furenzu.) adalah film Jepang produksi tahun 2017 bergenre roman yang disutradarai oleh Shōsuke Murakami [ja], berdasarkan skenario yang ditulis oleh Yōko Izumisawa [ja], diangkat dari serial manga dengan judul yang sama yang ditulis dan diilustrasikan oleh Matcha Hazuki. Film ini dibintangi oleh Haruna Kawaguchi dan Kento Yamazaki.[1][2] One Week Friends di rilis di Jepang pada tangal 18 Februari 2017 oleh Shochiku.[3]

Plot[sunting | sunting sumber]

Siswa sekolah menengah Yuki Hase jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Kaori Fujimiya setelah Kaori Fujimiya berhasil melemparkan kamus bahasa Prancis pinjaman yang ditinggalkan Yuki di dalam kereta. Yang membuatnya gembira, Yuki mengetahui bahwa dia dan Kaori berbagi kelas untuk tahun kedua mereka. Namun, Kaori sepertinya sudah melupakan pertemuan mereka. Ketika dia memperkenalkan dirinya lagi, dia menolak tawaran persahabatannya. Yuki kemudian mengetahui bahwa dia juga menolak tawaran lain sejak dia dipindahkan 3 bulan lalu dan dengan demikian dianggap sebagai paria di sekolah.

Meski begitu, Yuki berusaha keras untuk persahabatan Kaori, mendapatkan perhatian dari gurunya, Tuan Inoue. Inoue mengatakan kepadanya bahwa karena kecelakaan, Kaori menderita amnesia retrograde dan anterograde; ingatan apa pun selain ingatan orang tuanya akan hilang setelah seminggu. Tanpa gentar, Yuki memutuskan untuk menjadi teman Kaori dengan cara apa pun. Untuk mengingatkannya tentang dia dan hal-hal lain, dia memberinya jurnal bersama, di mana keduanya dapat berbagi kenangan mereka setiap minggu. Dengan metode ini, keduanya perlahan-lahan menjadi lebih dekat dan Kaori menjadi semakin terbuka.

Di musim panas, Yuki mengundang Kaori untuk menghadiri festival kembang api bersama teman-temannya Shogo Kiryu dan Saki Yamagishi. Di sana, Kaori bertemu dengan teman-teman sekolah menengahnya, Hajime Kujo dan Mayu Kondo, yang mantan baru saja dipindahkan dari Sapporo ke sekolah Tokyo yang sama dengan Yuki dan Kaori. Tidak dapat mengingatnya, Kaori mencoba untuk memaafkan dirinya sendiri, tapi mengalami kilas balik ketika Kujo memanggilnya "pengkhianat" dan pingsan. Ketika dia bangun, dia tampaknya mengingatnya secara pribadi.

Musim gugur itu, sekolah mengadakan pameran. Mayu mengunjungi sekolah lagi untuk bertemu Kaori, dalam proses memberi tahu Saki, Kujo, dan Shogo tentang kondisi Kaori. Dia mengungkapkan bahwa dia secara tidak langsung menyebabkan kecelakaan dan amnesia Kaori. Saat SMP, ketika Kujo harus pindah dari Tokyo, dia menyatakan cintanya pada Kaori dan meminta untuk bertemu dengannya untuk terakhir kalinya sebelum dia pindah. Kata-kata pengakuan tersebut sampai ke sekolah, mengucilkan Kaori karena popularitas Kujo di kalangan siswi. Mereka, termasuk Mayu, menyabot pertemuan tersebut dengan melontarkan hinaan kepada Kaori yang melarikan diri karena malu dan tertabrak mobil. Setelah wahyu ini, Kaori mengingat sepenuhnya Kujo. Menyadari bahwa dia tidak akan pernah bisa bersaing dengan seseorang yang dia ingat secara permanen, Yuki memutuskan untuk berhenti berteman dengan Kaori dan sambil menangis membakar jurnal bersama. Meskipun demikian, dia dengan sopan menolak pengakuan cinta Saki beberapa bulan kemudian, menyatakan bahwa dia hanya memperhatikan Kaori.

Dua musim semi berikutnya, Yuki dan Kaori lulus. Kaori dipanggil ke perpustakaan untuk mengembalikan sebuah buku, yang ternyata adalah kamus bahasa Prancis yang dipinjam Yuki setahun lalu menggunakan kartu anggotanya. Dia mengetahui bahwa Yuki telah mengilustrasikan isi jurnal bersama mereka ke dalam gambar buku flip di dalam kamus. Akhirnya mengingatnya, dia bergegas menemuinya dan meminta untuk menjadi temannya, tawaran yang dia terima.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "一週間フレンズ。(2016)". allcinema (dalam bahasa Japanese). Stingray. Diakses tanggal September 3, 2016. 
  2. ^ a b c "Live-Action One Week Friends Film's Teaser Focuses on Main Leads' Relationship". Anime News Network. August 3, 2016. Diakses tanggal September 3, 2016. 
  3. ^ a b c d e f g h i j k l m "一週間フレンズ。". eiga.com (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal September 3, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]