Basilika Santa Maria dari Salib, Crema

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santa Maria dari Salib
Basilika Minor Santa Maria dari Salib
bahasa Italia: Basilica di Santa Maria della Croce
Basilika Santa Maria dari Salib
LokasiCrema
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Detail dari pintu barat

Basilika Santa Maria dari Salib (bahasa Italia: Basilica Santuario di Santa Maria della Croce) adalah sebuah tempat ziarah dan basilika minor Katolik yang terletak di Crema, di Provinsi Cremona di Lombardia, Italia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja ini dibangun dengan gaya Lombard Renaissance sekitar satu setengah mil dari pusat kota, di luar tembok abad pertengahan, di jalan menuju Bergamo di mana Penampakan Maria mungkin mempengaruhi Caterina degli Uberti, seorang wanita dari Cremona. Legenda menyatakan bahwa pada tanggal 13 April 1490, setelah dia terluka parah oleh suaminya di daerah hutan dekat kota, dan ingin mati dalam Rahmat Tuhan, dia memohon bantuan Perawan Maria yang konon sedang berlayar. dia ke rumah pertanian terdekat. Dia kemudian dipindahkan ke dalam tembok kota tempat dia meninggal, setelah menerima upacara terakhir dan memaafkan suaminya. Sebuah salib kayu sederhana ditempatkan di tempat terjadinya pembunuhan. Namun fenomena luar biasa terus terjadi berkali-kali sehingga mengubah situs tersebut menjadi tempat suci sehingga pemerintah setempat memutuskan untuk membangun tempat perlindungan.[1]

Bramante membuat model untuk gereja, tetapi pekerjaan tersebut ditugaskan kepada asistennya Giovanni Battagio, yang menambahkan empat struktur melingkar luar.[2] Battagio meninggalkan proyek tersebut sekitar tahun 1500, dan digantikan oleh Giovanni Montanaro. Tempat suci tersebut, dalam keadaan belum selesai, dirusak pada pengepungan kota pada tahun 1514 oleh Kadipaten Milan.

Pada tahun 1694 tempat suci tersebut diserahkan kepada perawatan Karmelit Discalced yang, pada tahun 1706, memulai pembangunan biara yang dianeksasi. Pada tahun 1710 mereka juga menambahkan menara lonceng. Pada tahun 1914, perkerasan asli, di cotto, diganti dengan ubin yang ada saat ini. Santa Maria della Croce dinobatkan sebagai basilika kecil oleh Paus Pius XII pada tahun 1958.

Dalam beberapa tahun terakhir, tempat kudus tersebut dipercayakan kepada Kongregasi Misionaris Roh Kudus, sebuah komunitas religius yang terdiri dari para pria yang menjalani kehidupan kontemplatif dan kerasulan dan saat ini juga melayani di Milan, Roma, dan Sisilia.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Battagio merancang rencana salib Yunani, dengan c. Struktur pusat setinggi 35 m (bagian luar berbentuk lingkaran, bagian dalam berbentuk segi delapan),[3] yang mana empat unit lebih kecil, dengan a tingginya sekitar 15 m, disambung. Bagian luar bangunan terdiri dari batu bata tanpa dekorasi.

Tampilan interior.

Secara eksternal, unit pusat utama dibagi menjadi empat baris, yang lebih rendah memiliki pilaster, yang kedua adalah galeri dengan jendela berjendela, sedangkan yang ketiga memiliki tiga lengkungan yang membentuk jendela berjendela ganda dengan [[parapet] yang dihias. Proyek asli untuk galeri paling atas telah dimodifikasi oleh Montanaro sesuai dengan gaya Gotik Venesia; ia memiliki kolom-kolom kecil, trefoil arches dan tembok pembatas yang dihias mirip dengan galeri kedua, dengan lingkaran berbentuk kepingan salju segi delapan, bintang, sinar matahari, dan salib Yunani.

Badan kecil sisi barat menampung pintu masuk utama gereja dengan portal yang diapit oleh tympanum. Tiga badan samping lainnya menghadirkan fitur serupa. Bagian atas badan samping menyatu dengan loggia tengah baris kedua. Menara lonceng dihiasi dengan rustikasi, dan dibagi menjadi enam tingkat, termasuk lentera di bagian atas.

Salah satu badan samping dibangun dalam dua tingkat. Di tingkat bawah terdapat ruang bawah tanah dan di tingkat atas terdapat altar utama, yang berasal dari katedral kota dan dihiasi dengan lapis lazuli dan perunggu. Altarnya adalah lukisan cat minyak di atas kanvas karya Benedetto Rusconi, yang dijuluki il Diana, yang menggambarkan Pengangkatan Maria di antara dua belas rasul. presbiteri memiliki empat patung Pujangga Gereja, yang dibuat oleh Agostino de Fondulis. Altar sampingnya mempunyai dekorasi plesteran yang kaya (1585) oleh Giovan Battista Castello. Altarnya dibuat oleh Antonio Campi, Bernardino Campi, dan Carlo Urbino. Seniman lain yang aktif dalam lukisan interior dan lukisan dinding, termasuk Benedetto Rusconi, Giovanni Battista Grandi, Aurelio Gatti, Angelo Bacchetta dan Torricelli bersaudara dari Lugano.

Bagian dalam kubah dihiasi dengan Visi Mistik St. Theresia dari Avila oleh Giacomo Parravicino (1702).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ gli-speciali/i-luoghi-sacri/la-provincia-di-cremona/santuario-di-santa-maria-della-croce.htm Situs Pariwisata Lombardy
  2. ^ Decker, Heinrich. Renaisans di Italia: Arsitektur • Patung • Lukisan Dinding. New York: The Viking Press. hlm. 103–4. 
  3. ^ Weigert, Hans (1961). Busch, Harald; Lohse, Bernd, ed. Bangunan Eropa: Eropa Renaisans. New York: Perusahaan Macmillan. hlm. 27.