Lompat ke isi

The Rock (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Rock
SutradaraMichael Bay
ProduserJerry Bruckheimer
Don Simpson
Louis A. Stroller
Sean Connery
William Stuart
SkenarioDavid Weisberg
Douglas S. Cook
Mark Rosner
CeritaDavid Weisberg
Douglas S. Cook
PemeranSean Connery
Nicolas Cage
Ed Harris
John Spencer
William Forsythe
David Morse
Michael Biehn
John C. McGinley
Penata musikNick Glennie-Smith
Hans Zimmer
Harry Gregson-Williams
DistributorHollywood Pictures
Tanggal rilis
  • 7 Juni 1996 (1996-06-07)
runtime = 136 menit
BahasaInggris
AnggaranUS$75 juta

The Rock adalah sebuah film thriller aksi Amerika tahun 1996 yang disutradarai oleh Michael Bay, diproduksi oleh Don Simpson dan Jerry Bruckheimer, dan ditulis oleh David Weisberg, Douglas S. Cook dan Mark Rosner. Film ini dibintangi oleh Sean Connery, Nicolas Cage dan Ed Harris, dengan Michael Biehn dan William Forsythe sebagai pemeran pendamping. Di film tersebut, Pentagon menugaskan tim yang terdiri dari ahli kimia FBI dan mantan kapten SAS dengan tim SEAL untuk masuk ke Alcatraz, dimana seorang jenderal nakal dan kelompok Marinir Force Recon yang nakal telah menangkap semua turis di pulau itu dan telah mengancam akan meluncurkan roket berisi gas saraf ke San Francisco kecuali pemerintah AS membayar $100 juta kepada keluarga terdekat dari 83 orang yang terbunuh dalam misi yang dipimpin oleh sang jenderal dan ditolak oleh Pentagon.

The Rock didedikasikan untuk mengenang co-produser Don Simpson, yang meninggal 5 bulan sebelum dirilis. Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus, dan dinominasikan untuk Tata Suara Terbaik di Academy Awards ke-69. Film tersebut juga sukses secara finansial, memperoleh pemasukan box-office lebih dari $335 juta dibandingkan anggaran produksi sebesar $75 juta, dan menjadi film terlaris keempat di tahun 1996. Film tersebut dibuat ulang di India dengan judul Qayamat: City Under Threat.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Selain itu, Stuart Wilson tampil sebagai Jenderal Al Kramer, Ketua Kepala Staf Gabungan, dengan David Marshall Grant sebagai Kepala Staf Gedung Putih Hayden Sinclair.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Jonathan Hensleigh berpartisipasi dalam penulisan naskah, yang menjadi subyek perselisihan dengan Writers Guild of America. Skrip spesifikasi ( oleh David Weisberg dan Douglas Cook ) dikerjakan ulang oleh beberapa penulis, tetapi selain tim aslinya, Mark Rosner adalah satu-satunya yang diberikan penghargaan resmi melalui arbitrase guild. Aturannya adalah tim penulis yang diberi kredit harus menyumbang 50% dari naskah akhir ( secara efektif membatasi kredit kepada penulis awal skenario, ditambah satu tim penulis ulang ). Meskipun mereka mengerjakan naskahnya, baik Hensleigh maupun Aaron Sorkin tidak dikreditkan dalam film tersebut. Direktur Michael Bay menulis surat protes terbuka, dimana ia mengkritik prosedur arbitrase sebagai "palsu" dan "parodi". Dia mengatakan Hensleigh telah bekerjasama dengannya dalam film tersebut dan seharusnya menerima kredit layar. Quentin Tarantino juga seorang penulis skenario yang tidak disebutkan namanya.

Tim penulis skenario asal Inggris yang berbasis di Los Angeles, Dick Clement dan Ian La Frenais dibawa atas permintaan Connery untuk menulis ulang dialognya, namun akhirnya mengubah sebagian besar dialog film tersebut.

Terjadi ketegangan selama pengambilan gambar antara sutradara Bay dan eksekutif Walt Disney Studios yang mengawasi produksi. Di jalur komentar untuk DVD Criterion Collection, Bay mengenang saat dia bersiap meninggalkan lokasi syuting untuk pertemuan dengan para eksekutif ketika dia didekati oleh Sean Connery dengan pakaian golf. Connery, yang juga memproduseri film tersebut, bertanya kepada Bay kemana dia akan pergi, dan ketika Bay menjelaskan bahwa dia ada pertemuan dengan para eksekutif, Connery bertanya apakah dia bisa menemaninya. Bay menurut dan ketika dia tiba di ruang konferensi, para eksekutif ternganga ketika melihat Connery muncul dibelakangnya. Menurut Bay, Connery kemudian membela Bay dan bersikeras bahwa dia melakukan pekerjaannya dengan baik dan sebaiknya dibiarkan saja.

Sebagian besar film diambil di lokasi Penjara Alcatraz di Pulau Alcatraz. Karena diatur oleh Dinas Taman Nasional, Alcatraz tidak mungkin ditutup, dan sebagian besar pembuatan film harus mengakomodasi rombongan tur yang berseliweran. Adegan dimana Direktur FBI Womack terlempar dari balkon difilmkan di lokasi Hotel Fairmont di San Francisco. Pembuatan film tersebut menyebabkan banyak panggilan ke hotel oleh orang-orang yang melihat seorang pria tergantung di balkon. Adegan penutup film ini diambil diluar Gereja Misi Hati Kudus yang bersejarah di Saticoy, California.

Di satu titik, Arnold Schwarzenegger memainkan peran Goodspeed. Schwarzenegger menolak peran tersebut karena dia tidak menyukai naskahnya.

Ini adalah film pertama Bay yang dibuat dalam rasio aspek layar lebar 2,39:1, melalui Super 35. Di jalur komentar untuk DVD Criterion Collection of Armageddon, Bay ingat tidak menyukai formatnya, karena kualitas cetakan rilisnya, dan tidak menyentuh format itu lagi sampai Bad Boys II, yang saat itu proses peralihan digital telah tersedia.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Sensor[sunting | sunting sumber]

Dalam rilis DVD asli Inggris, adegan dimana Connery melemparkan pisau ke tenggorokan Scarpetti dan berkata "Anda tidak boleh ragu" kepada Cage dipotong, meskipun adegan itu ditayangkan di televisi Inggris. Akibatnya, adegan selanjutnya dimana Connery berkata kepada Cage, "Saya senang Anda tidak ragu-ragu terlalu lama," kehilangan pengaruhnya terhadap pemirsa yang belum melihat adegan pertama. Pemotongan lainnya termasuk pengurangan dampak tembakan ke kaki Gamble di kamar mayat menjadi satu pukulan; gambar wajahnya yang berteriak dari dekat saat AC jatuh menimpanya; potongan suara saat Mason mematahkan leher seorang Marinir dan 2 luka tembak berdarah ( pada Hummel dan Baxter), keduanya menjelang akhir film.

Program senjata kimia Irak[sunting | sunting sumber]

Sebuah adegan dari film tersebut menjadi dasar bagi deskripsi yang salah mengenai program senjata kimia Irak. Badan Intelijen Rahasia Inggris diyakinkan bahwa Saddam Hussein terus memproduksi senjata pemusnah massal oleh agen palsu yang mendasarkan laporannya pada film tersebut, menurut Penyelidikan Chilcot.

Di bulan September 2002, kepala MI6 Sir Richard Dearlove mengatakan badan tersebut telah memperoleh informasi dari sumber baru yang mengungkapkan bahwa Irak sedang meningkatkan produksi senjata kimia dan biologi. Sumber tersebut, yang dikatakan memiliki “akses langsung”, mengklaim bahwa staf senior bekerja 7 hari seminggu sementara rezim Tiongkok memusatkan banyak upaya pada produksi antraks. Dearlove mengatakan kepada ketua Komite Intelijen Gabungan ( JIC ), Sir John Scarlett, bahwa mereka "di ambang terobosan intelijen yang signifikan" yang dapat menjadi "kunci untuk membuka" program senjata Irak.

Namun, pertanyaan muncul tentang klaim agen tersebut ketika diketahui bahwa deskripsinya sangat mirip dengan adegan dari film tersebut. “Dinyatakan bahwa wadah kaca biasanya tidak digunakan dalam amunisi kimia, dan film populer ( The Rock ) secara tidak akurat menggambarkan agen saraf dibawa dalam manik-manik kaca atau bola,” kata laporan Chilcot. Di bulan Februari 2003 – sebulan sebelum invasi ke IrakMI6 menyimpulkan bahwa sumber mereka telah berbohong "selama jangka waktu tertentu" namun gagal memberi tahu No 10 atau yang lainnya, meskipun Perdana Menteri Tony Blair telah diberi pengarahan mengenai informasi intelijen ini. Menurut The Independent, klaim palsu mengenai senjata pemusnah massal adalah pembenaran bagi Inggris untuk ikut serta dalam perang.

Rekan penulis film tersebut, David Weisberg berkata, "Yang menakjubkan adalah siapapun di komunitas gas beracun akan segera mengetahui bahwa ini adalah omong kosong – omong kosong yang jelas-jelas". Weisberg mengatakan dia tidak terkejut jika seorang agen yang putus asa mungkin menggunakan film untuk mendapatkan inspirasi, namun dia kecewa karena pihak berwenang "tampaknya tidak melakukan pengecekan fakta atau pemeriksaan informasi yang paling mendasar. Jika Anda bertanya kepada ahli senjata kimia, maka hal itu akan terjadi." sudah jelas bahwa itu menggelikan". Weisberg mengatakan dia mendapat beberapa "email lucu" setelah laporan tersebut, tapi dia merasa "itu bukan warisan yang bagus untuk film tersebut". “Sungguh tragis kita berperang,” simpulnya.

Musik[sunting | sunting sumber]

Soundtrack The Rock dirilis di hari yang sama dengan filmnya, 7 Juni 1996, oleh Hollywood Records. Nick Glennie-Smith dan Hans Zimmer adalah komposer utama, sementara Harry Gregson-Williams adalah produser skor, dengan musik tambahan disusun oleh Don Harper, Steven M. Stern dan Gregson-Williams.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film laris[sunting | sunting sumber]

Di akhir pekan pembukaannya, film ini meraup $25 juta, mengalahkan Mission: Impossible yang meraih posisi nomor satu. Film ini akan diambil alih oleh The Cable Guy di akhir pekan kedua. Diproduksi dengan anggaran $75 juta, The Rock meraup total $134 juta di AS dan Kanada dan $201 juta di tempat lain, dengan total $335 juta di seluruh dunia. Film ini merupakan film terlaris ketujuh di box office AS di tahun 1996, dan film AS terlaris keempat di seluruh dunia di tahun itu.

Tanggapan kritis[sunting | sunting sumber]

Di Rotten Tomatoes, film ini mendapat rating persetujuan 67% berdasarkan 72 ulasan, dengan rating rata-rata 6,6/10. Para kritikus situs web tersebut membaca konsensus : "Untuk sensasi mendalam, film ini tidak ada tandingannya. Tapi jangan berharap The Rock melibatkan otak Anda." Di Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 58 dari 100, berdasarkan 24 kritik, menunjukkan "ulasan yang beragam atau rata-rata". Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi film tersebut nilai rata-rata "A" pada skala A+ hingga F.

Roger Ebert memberikan film tersebut 3,5 dari 4 bintang, memujinya sebagai "film thriller aksi slam-bang kelas satu dengan banyak gaya dan banyak humor". Todd McCarthy dari Variety memberikan ulasan positif pada film tersebut, dengan berkomentar, "Benang ini memiliki banyak lubang menganga dan ketidakmungkinan yang mencengangkan, namun sutradara Michael Bay menyingkirkan semuanya dengan langkahnya yang tidak pernah menarik napas." Richard Corliss, yang menulis untuk Time menyatakan pendapat positif terhadap film tersebut, dengan mengatakan "Licin, brutal dan hampir manusiawi, ini adalah film aksi semangat tim Mission: Impossible yang seharusnya."

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

The Rock memenangkan beberapa penghargaan kecil, termasuk 'Duo Layar Terbaik' untuk Connery dan Cage di MTV Movie Awards. Itu juga dinominasikan di Academy Award untuk Suara Terbaik ( Kevin O'Connell, Greg P. Russell dan Keith A. Wester ).

Film ini dipilih untuk rilis DVD edisi terbatas oleh Criterion Collection, distributor film-film arthouse yang dikategorikan sebagai "film klasik dan kontemporer penting" dan "bioskop terbaik". Dalam sebuah esai yang mendukung pemilihan The Rock, Roger Ebert, yang sangat kritis terhadap sebagian besar film Bay selanjutnya, memberi film tersebut 3 1/2 dari empat bintang, menyebutnya sebagai "sebuah gambar aksi yang mencapai puncak genre karena skenario yang terpelajar, jenaka, dan keahlian terampil dalam pengarahan dan efek khusus."

Di tahun 2014, Time Out menyurvei beberapa kritikus film, sutradara, aktor, dan pemeran pengganti untuk membuat daftar film aksi teratas mereka. The Rock terdaftar di tempat ke-74 dalam daftar.

Di tahun 2019, Tom Reimann dari Collider menempatkan The Rock sebagai film terbaik Michael Bay : "The Rock bukan hanya film terbaik Michael Bay, tetapi juga merupakan gambaran sempurna dari puncak film aksi tahun 90an."

Sekuel yang ditinggalkan[sunting | sunting sumber]

Di bulan Juni 2017, sutradara Michael Bay mendiskusikan idenya untuk tindak lanjut The Rock yang tidak pernah dikembangkan melewati konsep bahwa Goodspeed dan Mason dikejar oleh pemerintah setelah melarikan diri, karena kepemilikan mikrofilm seperti yang ditunjukkan di bagian akhir.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]