Kertas sampul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berbagai jenis kertas sampul, Landesbibliothek Oldenburg (Jerman).
Stockholm 1777
Kertas sampul marmer dari Die Nachfolge Christi ed. Ludwig Donin (Wina c. 1875).
Kertas sampul marmer buatan tangan dari sebuah buku yang dijilid secara manual di Prancis sekitar tahun 1880 (Giacomo Leopardi, Œuvres, vol. 2).
Makalah akhir dari rangkaian buku asli di Everyman's Library, 1906, berdasarkan seni Kelmscott Press karya William Morris.

Kertas sampul atau kertas sampul sebuah buku (juga dikenal sebagai lembar sampul) adalah halaman yang terdiri dari lembaran berukuran ganda yang dilipat, dengan separuhnya ditempel pada sampul bagian dalam (pastedown), dan yang lainnya berfungsi sebagai halaman kosong pertama (kertas sampul atau flyleaf kosong).[1] Dengan demikian, kertas ujung depan mendahului halaman judul dan teks, sedangkan kertas ujung belakang mengikuti teks.[2] Penjual buku terkadang menyebut kertas ujung depan sebagai FEP.

Sebelum pencetakan massal pada abad ke-20, kertas sampul buku biasanya memiliki kertas marmer. Terkadang kertas sampul digunakan untuk peta atau informasi relevan lainnya. Ini adalah tempat tradisional untuk meletakkan pelat buku, atau tulisan pemilik.

Ada banyak gaya lembar sampul atau kertas sampul yang dirancang khusus untuk digunakan dengan penjilidan berbeda. Misalnya, lembaran ujung yang diperkuat dengan kain digunakan dalam penjilidan yang dijahit.[3] Kain menahan jahitan dan mencegah kertas berlubang dan sobek.

Gaya lain dirancang untuk digunakan dengan penjilidan sempurna.[4] Lembar Sampul Gabungan dan Universal dimasukkan ke dalam pengumpan sampul dari pengikat sempurna otomatis dan dipasang – sebagai ganti sampul lunak – secara otomatis, menghasilkan blok buku yang diperkuat dari kepala hingga ekor. Lembar Ujung Tab yang Dilipat disusun dengan halaman teks, digiling dan dijilid bersama dengan blok buku.

Ada juga banyak gaya kertas sampul yang dirancang untuk memenuhi standar buku teks dan standar penjilidan perpustakaan, serta lembar sampul untuk konservasi dan perbaikan buku.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sidney E. Berger: Endleaves. In: Dennis Duncan and Adam Smyth (ed.): Book parts. Oxford University Press, Oxford 2019, p. 277–285.
  2. ^ Prucha, Francis (1996). "Livia Appel and the Art of Copyediting: A Personal Memoir". The Wisconsin Magazine of History. 4 (4): 376–377. 
  3. ^ "Endsheets For Side Sewing - LBS - Bookbinding, On-Demand & Packaging Materials". Lbsbind.com. Diakses tanggal 2011-11-16. 
  4. ^ "Endsheets For Perfect Binding - easily create a hardcover book". Lbsbind.com. Diakses tanggal 2011-11-16.