Andi Peppo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Andi Noviantoro atau lebih dikenal sebagai Andi Peppo (1985 - 25 Juni 2014) adalah seorang aktor FTV dan juga terkenal sebagai Oyong dalam sinetron Pesantren & Rock'N Roll 3 di SCTV.[1][2][3][4][5]

Andi Peppo
LahirAndi Noviantoro
1985 (1985)
Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Meninggal25 Juni 2014(2014-06-25) (umur 28–29)
Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Sebab meninggalKecelakaan Sepeda Motor
PekerjaanAktor
Tahun aktif2010an-2014

Biografi[sunting | sunting sumber]

Andi Peppo lahir di Kota Yogyakarta pada tahun 1985. Pria bernama asli Andi Noviantoro, tinggal di daerah Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sosoknya selain dikenal sebagai aktor FTV dan sinetron, ia juga adalah seniman dan aktor panggung. Andi Peppo pun mengadu nasib ke Jakarta demi meningkatkan karier beraktingnya.

Dikutip dari akun Twitter/X @andipeppolovers, Andi Peppo sebelumnya pernah berkuliah di ISI Yogyakarta. Kepiawaiannya berakting lantaran dirinya memulai karier sebagai pemain teater.

Di Jakarta, kemampuan akting Andi Peppo pun semakin berkembang dengan membintangi sejumlah judul FTV. Banyak judul FTV yang pernah dibintangi Andi Peppo seperti 'Pemain Copet Cantik', 'Pembantu Tak Pernah Ingkar Janji', 'Gadis Kepang Dua', dan 'Cintaku Adalah Kamu'. Terakhir, ia sempat bermain di FTV berjudul 'Saodah Hanya Kau Cintaku', dan beradu akting dengan Anisa Rahma dan Marcell Darwin.[6][7][8] Ia kerap tampil dengan blangkon demi perannya sebagai seorang pria Jawa. Andi Peppo memang dikenal dengan logat Jawa-nya yang kental karena dia memang berasal dari Jogja. Selain FTV, Andi Peppo juga pernah bermain dalam sinetron Pesantren Rock N Roll 3 sebagai Oyong Santoso.

Kematian dan kasus kecelakaan[sunting | sunting sumber]

Kronologi Penemuan Jenazah Andi Peppo[sunting | sunting sumber]

Di Jalan Mrisi, Mrisi, Rt 09, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta telah terjadi laka tunggal yang mengakibatkan pengendara tercebur di sungai dan meninggal dunia, Rabu, 25 Juni 2014 pukul 03.00 Wib. Adapun korban bernama Andi Noviantoro/Andi Peppo (29 tahun) warga Tompeyan TR III/129, Rt 09/03, Tegalrejo, Yogyakarta.

Kejadian tersebut pertama kali diketahui oleh Hartono (52 Tahun) warga Mrisi Rt 09, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul saat akan mengairi sawah melihat sepeda motor Yamaha Mio warna hitam, No Pol AB 2904 CF tergeletak dipinggir jalan.

Selanjutnya Hartono meminta bantuan warga setempat mencari pengendaranya. Setelah dicari, Andi Peppo ditemukan Tewas mengapung di sungai sejauh 20 meter dari sepeda motornya. Kemudian kejadian itu dilaporkan ke Polsek Kasihan. Kapolsek Kasihan, Kompol Fajar Pamuji, SH yang pada waktu itu memimpin anggotanya olah TKP menjelaskan, setelah diadakan olah TKP dan pemeriksaan tubuh korban, petugas tidak menemukan tanda tanda penganiayaan dan dinyatakan korban meninggal karena mengalami laka tunggal. Selanjutnya korban dibawa ke RS Sarjito Yogyakarta untuk mendapatkan visum, jelas Kapolsek Kasihan.[9] Hal ini lantaran tubuhnya ditemukan tak bernyawa di sungai dekat pabrik gula. Sahabat sampai syok lihat kondisi sang artis yang ditemukan tewas di dekat pabrik gula tersebut.[10]

Pemakaman dan Bela Sungkawa[sunting | sunting sumber]

Namun, namanya sempat menghilang hingga dirinya dikira vakum. Lama tak muncul di layar televisi, rupanya Andi Pepo mengalami nasib tragis. Dikutip dari akun Twitter/X @andipeppolovers, Andi Peppo rupanya telah meninggal pada tanggal 25 Juni 2014 di hari naas tersebut. Rupanya kabar meninggalnya Andi Peppo ini cukup mengaketkan lantaran dirinya baru saja selesai melakukan sebuah pekerjaan.

"Abis ngMC plg jam3an,trus ditemukan polisi jam4.30 didaerah pabrik gula madukismo didlm kali,dimakamkan jam4sore," tulis akun @andipeppolovers. Belum diketahui apa penyebab kematian Andi Peppo. Namun diduga karena Andi Peppo mengalami kecelakaan saat dirinya sedang pulang sehabis melakukan pekerjaan.[11]

Aktor yang sering membintangi FTV bersama aktor-aktor tekenal lain seperti Vino G. Bastian, Anisa Rahma dan Atika Hasiholan meninggalkan dunia ini dalam umur yang masih muda. Andi yang terkenal lewat sinetron "Pesantren & Rock n Roll" selalu dapat menghibur penontonnya dengan gaya kocak dan keluguannya seperti halnya masyarakat kampung dalam sinetron ini.[12] Semasa hidupnya, artis yang kerap membintangi karya Screenplay Productions itu dikenal ramah dan baik.

Anisa, Atiqah dan Vino ikut mengirimkan pesan duka cita serta mendoakan kedamaian Andi yang meninggal diduga akibat kecelakaan. Berita duka meninggalnya bintang sinetron dan FTV, Andi Peppo, malah tak banyak diulas oleh media. Meski begitu, pesan bela sungkawa mengalir dari sejumlah artis yang pernah beradu akting dengan pesinetron asal Jogja itu.

Anisa Rahma yang pernah bekerja bareng Andi di FTV Saodah Hanya Kau Cintaku ikut bersedih. "Innalillahi wainnailaihi raajiun,turut berduka cita atas kepergian sahabat,seniman ka @andipeppo selamat jalan ka ;'( ga nyangka secepat ini," kata Anisa. Atiqah Hasiholan juga mendoakan agar almarhum beristirahat dalam damai. "Semoga @andipeppo mendapatkan ketenangan abadi di sisi Allah SWT. Inalillahi Wainalillahi Rojiun," kata istri Rio Dewanto. "Innalillahi wainnaillahi roji'un., telah berpulang sahabat kami @andipeppo smoga dimudahkan segala jalannya o/ Allah. Selamat jalan kawan," ujar Vino Bastian.[13] "@andipeppo Peppoookk..peppokkkk, kok lu cpt bgt siiih?? Maafin gw blm sempet nemuin lo wkt lo di Jkt. Tp lo skr dah tenang di sana," sahut Yama Carlos.[14]

Andi sering membintangi FTV garapan Screenplay Productions. Agus Wijaya Adi, Produser Pelaksana Screenplay, terkejut saat mendengar kabar ini. "Saya juga baru dengar. Belum banyak mendapat informasi. Kabar yang saya dapat, Andi meninggal tadi pagi dalam kecelakaan kendaraan bermotor," ujar Agus. Menurut Andi, sosok Andi dikenal ramah dan baik. "Saya tidak terlalu dekat, karena Andi tinggal di Yogyakarta. Namun beberapa kali bertemu, saya lihat dia ramah dan baik," kenang Agus. "Selama syuting sinetron itu, Andi tinggal di Puncak. Kadang di mess, kadang di kosan," ungkap Agus. FTV terakhir yang dibintangi Andi tayang belum lama ini di SCTV, Saodah Hanya Kau Cintaku. "Itu proyek terakhir kami bersama Andi. Tidak ada judul lain," tutup Agus. Saodah Hanya Kau Cintaku memasang Anisa Rahma dan Marcell Darwin sebagai pemeran utama.[15] Saat itu, SCTV sebagai stasiun pemilik FTV juga  menuliskan ucapan belasungkawanya di Twitter/X. "Segenap seluruh keluarga besar SCTV, turut berduka cita atas berpulangnya @andipeppo, semoga amal & ibadahnya diterima Allah SWT," tulis @SCTV_ pada 25 Juni 2014.[16]

Jenazah dimakamkan rabu sore, pukul 16.00 WIB setelah tiba di rumah duka jalan Tompeyan, Rt.09/03, Tegalrejo, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.[17][18]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

FTV[sunting | sunting sumber]

  • Pemain Copet Cantik
  • Pembantu Tak Pernah Ingkar Janji
  • Gadis Kepang Dua
  • Cintaku Adalah Kamu
  • Saodah Hanya Kau Cintaku

Film[sunting | sunting sumber]

Serial Televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "x.com". X (formerly Twitter). Diakses tanggal 2024-05-18. 
  2. ^ "x.com". X (formerly Twitter). Diakses tanggal 2024-05-18. 
  3. ^ "Ini 5 Artis Yang Meninggal Sebelum 30 Tahun, Selain Marco Panari - Duniamasa" (dalam bahasa Inggris). 2021-01-31. Diakses tanggal 2024-05-18. 
  4. ^ Times, I. D. N.; Larasanty, Amalia. "7 Tahun Berlalu, Begini Kabar 11 Santri di 'Pesantren Rock n Roll 3'". IDN Times (dalam bahasa In). Diakses tanggal 2024-05-18. 
  5. ^ brilio.net (2019-02-21). "6 Pemain FTV ini meninggal di usia muda, terbaru Ranza Ferdian". brilio.net. Diakses tanggal 2024-05-18. 
  6. ^ "Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Kecelakaan Saat Pulang Kerja Jadi MC, Aktor FTV Ini Ditemukan Tewas di Dekat Pabrik Gula - Semua Halaman - Grid Hot". hot.grid.id. Diakses tanggal 2024-05-18. 
  7. ^ "Selama Ini Dikira Vakum dari Layar Kaca, Aktor FTV Ternyata Meninggal Secara Tragis". Serambinews.com. Diakses tanggal 2024-05-18. 
  8. ^ "MENGHILANG dari Layar Kaca Dikira Vakum, Aktor FTV Ternyata Meninggal, Penyebab Masih Misterius". Tribunnewsmaker.com. Diakses tanggal 2024-05-18. 
  9. ^ KASKUS. "Artis FTV Meninggal Dunia". KASKUS. Diakses tanggal 2024-05-18. 
  10. ^ "TRAGIS Nasib Aktor FTV, Dikira Vakum Ternyata Hidup Susah, Ditemukan Tewas dekat Pabrik Gula". Tribun-medan.com. Diakses tanggal 2024-05-18. 
  11. ^ Vicky (Rabu, 25 Juni 2014). "✰Jrs Vicky's Blog✰ : Selamat jalan, Andi Peppo". ✰Jrs Vicky's Blog✰. Diakses tanggal 2024-05-18. 
  12. ^ BS, Diposkan oleh. "Aktor FTV Andi Peppo Kecelakaan Motor Meninggal Dunia". Diakses tanggal 2024-05-18. 
  13. ^ Indonesia, Tabloid Bintang (2024-05-18). "Artis-artis Screenplay Productions Berduka Atas Meninggalnya Andi Peppo". Tabloidbintang.com. Diakses tanggal 2024-05-18. 
  14. ^ YOUR-FACEBOOK-URL. "Meninggalnya Andi Peppo 'Ditangisi' Anisa Rahma, Atiqah dan Vino Bastian". CherryBelle Indo ZONE (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-05-18. 
  15. ^ Indonesia, Tabloid Bintang (2024-05-18). "Sosok Almarhum Aktor FTV Andi Peppo di Mata Produser". Tabloidbintang.com. Diakses tanggal 2024-05-18. 
  16. ^ "Facebook". www.facebook.com. Diakses tanggal 2024-05-18. 
  17. ^ "Innalillahi Wa InnaIlaihi Rojiun, Semoga Amal Ibadahnya Diterima, Aktor FTV Ini Meninggal Dunia Ditemukan di Dekat Pabrik Gula - Semua Halaman - Grid Hot". hot.grid.id. Diakses tanggal 2024-05-18. 
  18. ^ belumtahudotcom (2014-06-26). "Aktor FTV Andi Peppo Meninggal Dunia Karena Kecelakaan". BELUMTAHU.COM. Diakses tanggal 2024-05-18.