Tripov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tripov
Informasi latar belakang
AsalJakarta, Indonesia
GenrePop
AnggotaEvan Asher

Jilie Kezia

Yoga Adyaksa Bagaspati

Tripov adalah trio pop musik yang mulai aktif pada tahun 2021. Tripov mengkombinasi elemen R&B, Funk, dan Rock dalam musiknya. Nama Tripov sendiri mencerminkan filosofi Tiga Sudut Pandang.

Tripov mulai dikenal setelah merilis single pertama mereka, "All Day All Night" (2021). Kemudian, versi remix "All Day All Night feat. eevnxx"[1] yang merupakan hasil kolaborasi dengan Youtuber Agung Hapsah berhasil memperoleh 1 juta streams dan menjadi salah satu lagu paling digemari di TikTok pada tahun tersebut.

Single "So Easy" (2022) merupakan soundtrack film Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang dan single "Round & Round" (2023) mendapatkan nominasi AMI Award 2023[2] kategori Duo/Grup/Kolaborasi R&B Kontemporer Terbaik.

Karier[sunting | sunting sumber]

Anggota Tripov terdiri dari musisi yang aktif di industri musik, kecuali Jilie. Evan sendiri merupakan seorang musisi, gitaris, penulis lagu, produser, dan pengajar musik, lulusan dari Institut Music Daya Indonesia, sementara Yoga sebagai produser, bassis, dan mixing engineer, yang mendapat mendapatkan gelar dari Berklee College of Music. Dan Jilie merupakan seorang vokalis dan desainer grafis, lulus dari Institut Teknologi Bandung.

Di tengah tahun 2020 (pandemi covid-19), Evan dan Yoga yang sedang bekerja sama dalam beberapa produksi musik untuk berbagai artis sedang kesulitan mencari vokalis untuk sebuah demo. Saat itu Evan teringat dengan suara unik Jilie yang dirasa cocok dengan single yang mereka sedang kerjakan. Karena Evan yang sebelumnya sempat bekerja dengan Jilie dalam rekaman musik, Evan mengundang Jilie untuk meminjamkan suaranya ke sebuah demo. Tapi hal yang tak terduganya adalah mereka menghasilkan tiga demo dalam waktu singkat. Menyadari potensi kolaborasi mereka, mereka memutuskan untuk merilis lagu-lagu tersebut secara independen. Evan secara individual mengajak Yoga dan Jilie, meyakinkan mereka untuk membentuk grup musik bersama.

Nama Tripov, tidak langsung tercipta saat itu juga. Nama Tripov sendiri bermula dari nama "Tripo" yang dicetuskan oleh Jilie saat mengusulkan beberapa nama untuk grup, sayangnya nama tersebut mereka temukan sudah digunakan oleh seorang artis lain. Setelah berminggu-minggu berpikir, mereka tidak dapat menemukan nama yang lebih cocok daripada "Tripo." Selama sesi rekaman vokal untuk "All Day All Night," Evan secara spontan menambahkan satu huruf demi satu huruf dari A hingga V ke nama tersebut, sehingga menghasilkan "Tripov." Saat itu Teman mereka mengatakan bahwa nama "Tripov" menarik, karena mencerminkan "Tri" untuk Tiga dan "POV" untuk Point of View, yang menjadi tiga sudut pandang. Melalui lagu-lagu yang easy-listening, Tripov membangun koneksi dengan para pendengarnya dimana setiap melodi dan lirik menawarkan pandangan unik tentang perspektif kolektif mereka yang disepakati oleh Evan, Jilie, dan Yoga.

Lagu pertama mereka, "All Day All Night," yang cukup populer di platform media sosial TikTok, mengangkat Tripov hingga disorot oleh beberapa orang penggemar musik. Melanjutkan kesuksesan single ini, Tripov merilis lebih banyak lagu seperti "Dance Dance Dance" dan "Extra." Tidak lama setelah itu, mereka berkolaborasi dengan Agung Hapsah, yang melihat bakat mereka dan mengusulkan kolaborasi bersama. Agung berkolabari dalam rap dengan nama samaran "eevnxx" pada lagu "All Day All Night" dan juga menyutradarai video musik untuk grup.

Melanjutkan perjalanan musik mereka, Tripov merilis lebih banyak lagu lagi yang menarik, termasuk "So Easy," "Round & Round," dan "Rather be Alone." Lagu mereka "So Easy" digunakan dalam soundtrack film Jalan yang Jauh, Jangan Lupa Pulang, sebuah film yang disutradarai oleh sineas terkenal Indonesia, Angga Sasongko. Single mereka "Round & Round" kemudian mendapatkan nominasi di AMI Awards. Terus berkarya, Tripov mengrilis album debut mereka, "Honest Opinions," pada tahun 2023. Hadir dengan 10 lagu yang menampilkan berbagai musik, album tersebut memperkuat posisi Tripov sebagai kehadiran yang signifikan dalam industri musik.

2023: Honest Opinions[sunting | sunting sumber]

Lirik dan irama yang sangat mudah dinikmati. Album debut pertama Tripov, Honest Opinions, dipenuhi dengan lagu-lagu yang enak didengar dan sangat mudah dinyanyikan bersama. Eksplorasi lintas genre musik, dari pop yang ceria dan R&B, hingga lo-fi yang santai dan juga folk.

Setiap lagu menceritakan berbagai macam kisah, baik tentang kehidupan sehari-hari, refleksi diri, dan kisah jujur mereka masing-masing yang disampaikan melalui lagu-lagu tersebut. Album ini terdiri dari lagu-lagu mereka yang sudah rilis sebelumnya, All Day All Night dan So Easy, dan juga lagu-lagu baru seperti Superglue, Rather Be Alone, Never Gonna, Moonlight, dan Round & Round.

Anggota[sunting | sunting sumber]

  • Evan Asher - gitaris, produser, penulis lagu
  • Jilie Kezia - vokalis, penulis lagu
  • Yoga Adyaksa Bagaspati - bassis, produser, penulis lagu

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tripov dan Youtuber Agung Hapsah Tampilkan Versi Terbaru Single "All Day All Night"". pramborsfm. 2022-03-08. Diakses tanggal 2024-05-11. 
  2. ^ adminami (2023-09-21). "DAFTAR LENGKAP NOMINASI 26TH ANUGERAH MUSIK INDONESIA / AMI AWARDS 2023". AMI Awards (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-05-11. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]