Saleha (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Saleha
Genre
SkenarioSerena Luna
CeritaSunjoy Shekhar
SutradaraUmam A.P.
Pemeran
Penggubah lagu temaAji Mirza Hakim
Lagu pembuka"Takkan Berpaling Dari-Mu" oleh Rossa
Lagu penutup"Takkan Berpaling Dari-Mu" oleh Rossa
Penata musikRyan Pitna
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. musim1
Jmlh. episode11
Produksi
Produser eksekutifDavid S. Suwarto
ProduserSridhar Jetty
SinematografiZeta Alfa Maphilindo
Penyunting
  • Rio Destana
  • Satria
  • Wewen
Pengaturan kameraMulti-kamera
Durasi±90 menit
Rumah produksi
DistributorSurya Citra Media
Rilis asli
JaringanSCTV
Rilis10 Mei 2024 (2024-05-10) –
sekarang

Saleha adalah serial televisi Indonesia produksi SinemArt dan Ess Jay Studios yang ditayangkan perdana 10 Mei 2024 pukul 18.25 WIB di SCTV. Serial ini disutradarai oleh Umam A.P. dan dibintangi oleh Syifa Hadju, Harris Vriza dan Teuku Ryan.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sejak terlahir di dunia, Saleha bukan hanya kehilangan ibu kandungnya yang meninggal saat melahirkannya, tetapi juga ayah kandungnya. Sang ayah, Darmawan tidak sudi membesarkan Saleha karena kepergian Arini, istri tercintanya. Saleha pun dibesarkan oleh Nenek Siti di rumah paman dan tantenya, Ramdani dan Dita. Di rumah itu juga tinggal juga Azzam dan Ghania, kedua anak Ramdani dan Dita. Saleha rela memendam keinginannya untuk kuliah dan harus bekerja sebagai kurir pengirim barang untuk membantu perekonomian keluarga.

Saat sedang bekerja, Saleha kerap mengambil foto rumah, mobil, dan kampus mewah, kemudian diunggah ke sosial medianya. Kebiasaan tersebut membuatnya menjadi incaran Nando dan teman-temannya. Nando terpaksa bekerja sama dengan temannya untuk menculik Saleha demi mendapatkan uang berobat sang adik. Nando dan temannya berpikir Saleha berasal dari keluarga kaya raya. Singkat cerita, Saleha berhasil diculik, kemudian Nando menelepon Nenek Siti untuk meminta tebusan.

Mendengar Saleha diculik, Nenek Siti kaget dan langsung berusaha mencari keberadaan cucunya itu. Sayang, di tengah perjalanan Nenek Siti mengalami serangan jantung hingga akhirnya meninggal dunia. Nando yang mengetahui bahwa ia salah target, ia meminta temannya untuk membebaskan Saleha. Saleha berhasil pulang ke rumah diantar oleh Nando. Sepulangnya Saleha ke rumah, Ramdani, Dita, dan Ghania langsung menyalahkan Saleha atas meninggalnya Nenek Siti, kemudian diusirnya Saleha dari rumah.

Berbekal alamat yang diberikan Dita, Saleha bersama dengan Azzam pergi ke Jakarta untuk mencari Darmawan, ayah kandungnya yang ternyata masih hidup.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Judul lagu Penyanyi Pencipta Produksi
"Takkan Berpaling Dari-Mu" Rossa Aji Mirza Hakim Trinity Optima Production
"Hijrah Cinta" Rossa Melly Goeslaw Trinity Optima Production
Keterangan
  Lagu tema utama

Distribusi daring[sunting | sunting sumber]

Sinetron ini juga didistribusikan di vidio.com beberapa jam setelah penayangan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]