Portal:Lady Gaga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

PORTAL LADY GAGA

Stefani Joanne Angelina Germanotta (lahir 28 Maret 1986; lebih dikenal dengan nama panggungnya Lady Gaga) adalah seorang penyanyi pop Amerika Serikat. Setelah tampil dalam kancah musik rock di New York bagian Lower East Side pada tahun 2003 dan kemudian mendaftar di New York University, Tisch School of the Arts, ia segera menandatangani kontrak dengan Streamline Records, sebuah jejak Interscope Records. Selama waktu awal Gaga di Interscope, ia bekerja sebagai penulis lagu untuk artis label sesama dan menarik perhatian artis rekaman Akon, yang mengakui kemampuan vokalnya, dan menandatanganinya ke label miliknya sendiri, Kon Live Distribution.

Gaga menjadi terkenal setelah merilis album debutnya The Fame (2008), yang sukses baik secara kritik dan secara komersial dan meraih popularitas internasional dengan singel "Just Dance" dan "Poker Face". Album ini mencapai nomor satu di tangga album enam negara, menduduki puncak grafik Billboard Dance/Electronic Albums sekaligus memuncak pada nomor dua di grafik Billboard 200 di Amerika Serikat dan mencapai posisi sepuluh besar di seluruh dunia. Album keduanya, The Fame Monster (2009), kelanjutan dari The Fame, menghasilkan dua singel nomor satu di berbagai negara yaitu "Bad Romance" dan "Telephone", sehingga dia diperbolehkan untuk memulai tur konser global kedua, The Monster Ball Tour, hanya beberapa bulan setelah selesai tur pertama, The Fame Ball Tour. Album studio kedua Born This Way, dirilis pada Mei 2011, menduduki puncak tangga album di seluruh pasar musik utama, setelah kedatangan singel "Born This Way", "Judas", dan "The Edge of Glory"—singel pertama mencapai nomor satu di negara di seluruh dunia dan merupakan penjualan singel tercepat dalam sejarah iTunes, menjual satu juta kopi dalam lima hari.

Baca lebih lanjut...

ARTIKEL PILIHAN

The Monster Ball Tour adalah tur konser kedua oleh artis rekaman Amerika Lady Gaga dalam mendukung album studio kedua, The Fame Monster. Tur resmi diumumkan pada tanggal 15 Oktober 2009, setelah tur konser bersama dengan rapper Kanye West, berjudul Fame Kills, tiba-tiba dibatalkan. Dijelaskan oleh Gaga sebagai "'opera elektro pop' untuk pertama kalinya", Monster Ball dimulai empat hari setelah rilis The Fame Monster. Rapper Kid Cudi dan penyanyi Jason Derülo dikonfirmasi sebagai tindakan yang mendukung untuk leg pertama tur Amerika Utara, sementara Alphabeat band akan mendukung tur Inggris. Virgin Mobile USA dan Virgin Mobile Canada adalah sponsor resmi leg tur Amerika dan Kanada, masing-masing. Tim produksi Gaga Haus of Gaga merancang poster dan tahap konser, termasuk alat raksasa yang disebut "The Orbit".

Gaga dan tim produksi nya mengembangkan tahap yang terlihat seperti bingkai dengan perspektif paksa dan segala sesuatu untuk menunjukkan dipasang di dalamnya. Dia merasa bahwa desain itu akan memungkinkan kontrol kreatifnya. Sejak album ditangani dengan paranoias dihadapi oleh Gaga selama setahun, tema utama acara menjadi evolusi, dengan Gaga menggambarkan pertumbuhan saat acara berlangsung. Dia membandingkan setting panggung dengan sebuah televisi hollowed-out. Elemen dari tur yang dibatalkan dengan Kanye West dikorporasi dalam beberapa bagian. Daftar set tur terdiri dari lagu-lagu dari The Fame Monster serta album debutnya The Fame.

Acara ini dibagi dalam lima segmen dengan yang terakhir encore tersebut. Setiap segmen menampilkan Gaga dalam gaun baru dan diikuti oleh selingan video, menggambarkan Gaga di Gothic dan berseni pose, ke yang berikutnya. Acara dimulai dengan gaga muncul dari balik labirin listrik lampu. Hal ini dilanjutkan dengan piano akustik bermain, menari dengan kostum yang terbuat dari senjata, gigi gaya kepala Cleopatra dan dongeng rambut gaya Rapunzel. Kontemporer kritikus memuji pertunjukan, memuji kemampuan Gaga bernyanyi dan rasa gaya dan fashion. Mereka juga terkesan oleh pompousness dan sandiwara acara, membandingkannya dengan tur artis seperti Madonna.

Baca lebih lanjut

ALBUM PILIHAN

The Fame adalah album studio pertama artis rekaman pop Amerika Lady Gaga. Album ini dirilis pada 19 Agustus 2008 oleh Interscope Records. Setelah menulis lagu untuk beberapa tindakan yang ditetapkan, gaga merilis album ini. Tema utama lagu-lagu adalah tentang bagaimana orang dapat merasa terkenal seperti selebriti. Gaga bekerja dengan beberapa produsen album, terutama RedOne, Martin Kierszenbaum, dan Rob Fusari. Lagu yang kebanyakan terinspirasi oleh cinta Gaga akan ketenaran pada umumnya, dan berkaitan dengan seluk-beluk gaya hidup kaya dan terkenal, divisualisasikan oleh dia. Musik, album ini mendapat inspirasi dari gaya electropop dan synthpop dasawarsa 1980-an sementara menggabungkan musik dance.

Album ini mendapat ulasan yang sebagian besar positif, dengan kritikus memuji kemampuan Gaga untuk menemukan nada merdu dan membandingkan kemampuan vokalnya pada Gwen Stefani. Album menjadi peringkat satu di negara-negara seperti Britania Raya, Kanada dan Irlandia. Di Amerika Serikat album tersebut berhasil menempati urutan ke dua di Billboard 200 dan menduduki puncak chart Billboard Top Electronic Albums. Di seluruh dunia, album ini telah terjual lebih dari 12 juta kopi.

Dua singel pertama dari The Fame, "Just Dance" dan "Poker Face", keduanya hits internasional, dengan "Just Dance" sebagai chart teratas di enam negara, termasuk Billboard Hot 100 di Amerika Serikat. "Poker Face" berhasil di puncak nomor satu di hampir semua pasar musik besar, dan menjadi yang kedua nomornya hit-satu berturut-turut di Hot 100 chart. Singel lainnya dirilis termasuk "Eh, Eh (Nothing Else I Can Say)", "LoveGame", dan "Paparazzi". Gaga mempromosikan album dengan menyanyikan lagu-lagu di sejumlah acara, termasuk pokok pertama The Fame Ball Tour. The Fame adalah album sebagai disc bonus pada edisi deluxe dari album kedua gaga The Fame Monster.

Pada tanggal 2 Desember 2009, The Fame dinominasikan untuk enam Grammy Awards dan memenangkan Best Dance Recording untuk "Poker Face". Album ini dinominasikan untuk Album of the Year, dan memenangkan Grammy Award untuk Best Eletronic/Dance Album di Grammy Awards ke-52. Pada tanggal 16 Pebruari 2010, ia memenangkan Best International Album di BRIT Awards 2010.

Baca lebih lanjut...

LAGU PILIHAN

"Poker Face" adalah sebuah lagu oleh artis rakaman Amerika Lady Gaga dari album pertamanya, The Fame. Dihasilkan oleh RedOne, ia dikeluarkan sebagai single kedua album pada tahun 2008-an bagi beberapa pasaran dan pada awal tahun 2009 untuk seluruh dunia. Lagu ini merupakan lagu dance uptempomengikut jejak langkah tunggal sebelum itu "Just Dance" tetapi mempunyai nada musik gelap. Idea utama dibalik lagu itu Biseksualitas dan merupakan penghormatan oleh Gaga kepada teman lelaki beliau yang lalu. Seara lirik "Poker Face" adalah tentang seks dan perjudian.

"Poker Face" telah diterima baik oleh pengkritik yang kebanyakannya telah memuji cangkuk robotik dan chorusnya. Lagu itu telah mencapai kejayaan di seluruh dunia, memuncak di lebih dari tujuh belas tangga lagu negara-negara termasuk Amerika Serikat, Inggris, Australia, Selandia Baru, Kanada dan banyak negara-negara Eropa. "Face Poker" juga merupakan lagu yang paling banyak diunggah dalam sejarah tangga lagu Inggris; dan salah satu lagu yang paling berjaya abad ke-21 ini. Video musik yang disertakan dengan lagu menggambarkan Gaga menyanyi dalam berbagai pakaian dan memainkan strip poker dalam sebuah mansion.

Gaga menampilkan lagu dalam musim kelapan American Idol dan juga pada Fame Ball dan Monster Ball Tour. Persembahan live termasuk versi elektronik dan versi akustik, yang dia dimainkan di piano. Ia telah dicalonkan di Song of the Year dan Record of the Year di ajang 52nd Grammy Awards dan memenangi Grammy untuk Best Dance Recording. Rolling Stone menempatkannya pada nombor 96 dalam senarai mereka yaitu 100 Lagu Terbaik dekade 2000-an.

Baca lebih lanjut...

GAMBAR PILIHAN

Lady Gaga tampil di Gröna Lund, Stockholm, 2008

KATEGORI

TOPIK

PORTAL YANG BERHUBUNGAN

ASOSIASI WIKIMEDIA

Proyek saudara Wikimedia Foundation berikut menyediakan lebih banyak tentang subjek ini:

Wikibooks
Buku

Commons
Media

Wikinews 
Berita

Wikiquote 
Kutipan

Wikisource 
Teks

Wikiversity
Sumber belajar

Wikivoyage 
Petunjuk perjalanan

Wiktionary 
Definisi

Wikidata 
Kumpulan data

Wikispecies 
Spesies