Portal:Kucing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Portal Kucing

Felidae (Kucing)

Felidae (/ˈfɛlɪd/) adalah familia mamalia dalam ordo Carnivora, dalam bahasa sehari-hari sering disebut kucing, dan merupakan sebuah klad. Anggota keluarga ini juga disebut felid (/ˈflɪd/). Istilah "kucing" mengacu pada angggota felidae secara umum dan secara khusus untuk menyebut kucing peliharaan (Felis catus).

Spesies Felidae menunjukkan pola bulu yang paling beragam dari semua karnivora darat. Kucing memiliki cakar yang dapat ditarik, tubuh berotot ramping dan kaki depan fleksibel yang kuat. Struktur gigi dan otot wajah mereka memungkinkan mereka memiliki gigitan yang kuat. Semua Felidae adalah karnivora obligat, dan sebagian besar merupakan predator penyendiri yang menyergap atau mengintai mangsanya. Kucing liar banyak dijumpai di Afrika, Eropa, Asia dan Amerika. Beberapa spesies kucing liar beradaptasi dengan habitat hutan, lingkungan kering, lahan basah, serta daerah pegunungan. Pola aktivitas mereka berkisar dari nokturnal dan krepuskular hingga diurnal, tergantung pada spesies mangsa yang mereka sukai.

Reginald Innes Pocock membagi Felidae yang masih ada menjadi tiga subfamili: Pantherinae, Felinae, dan Acinonychinae, dibedakan satu sama lain berdasarkan pengerasan aparatus hyoid dan selubung kulit yang melindungi cakar mereka. Konsep ini telah direvisi mengikuti perkembangan biologi molekuler dan teknik analisis data morfologi. Saat ini, Felidae yang hidup dibagi menjadi dua subfamili: Pantherinae dan Felinae, Acinonychinae termasuk dalam kelompok terakhir. Pantherinae mencakup lima spesies Panthera dan dua Neofelis, sedangkan Felinae mencakup 34 spesies lainnya dalam sepuluh genus.

Kucing pertama muncul selama periode Oligosen, sekitar 25 juta tahun yang lalu, dengan munculnya Proailurus dan Pseudaelurus. Kompleks spesies terakhir adalah nenek moyang dari dua garis utama felidae: kucing di subfamili yang masih hidup dan sekelompok kucing punah dari subfamili Machairodontinae, termasuk kucing bergigi pedang seperti Smilodon. "Kucing bergigi pedang palsu", Barbourofelidae dan Nimravidae, bukanlah kucing sejati, tetapi berkerabat dekat. Bersama dengan Felidae, Viverridae, hyaena, dan luwak, mereka membentuk Feliformia. (Artikel selengkapnya...)

Artikel pilihan

Makanan kucing
Makanan kucing adalah makanan khusus yang diberikan dan dikonsumsi oleh kucing domestik. Makanan kucing harus memiliki kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh kucing, yaitu makanan yang banyak mengandung vitamin dan asam amino. Makanan yang mengandung asam amino taurin contohnya adalah daging. Kekurangan zat taurin dalam jangka waktu panjang, misalnya jika kucing diberi makanan anjing yang mengandung sedikit taurin, dapat mengakibatkan degenerasi retina, kebutaan dan kerusakan jantung.

Makanan kucing kebanyakan dapat dibeli di toko makanan kucing, toko hewan peliharaan dan pasar swalayan, yang terdapat dalam bentuk kering (di Amerika Serikat dikenal dengan sebutan "kibble") maupun basah dalam bentuk kalengan. Beberapa produsen menjual makanan mentah yang sudah beku dan produk premiks untuk pemilik yang ingin memberikan makan mentah pada kucing.

Gambar pilihan

(Oleh: File Upload Bot (Magnus Manske))
Socks, kucing peliharaan keluarga Presiden AS Bill Clinton, difoto di South Lawn, Gedung Putih.

Video pilihan

Klik tombol pemutar video (►) untuk memutar videonya. Jika tidak dapat memutarkan/menonton video, Anda dapat membaca bantuan memainkan berkas media.

Cari video lain yang berhubungan dengan kucing di Wikipedia Commons.

Kategori

Ras kucing pilihan

Scottish Fold
Scottish Fold adalah salah satu ras kucing alami yang berasal dari Skotlandia. Ciri khas dan keunikannya adalah terdapat pada telingnya yang melipat, sehingga ras ini disebut dengan kucing berwajah burung hantu atau kucing coupari. Namun, beberapa kucing ras Scottish Fold ada yang lahir dengan telinga yang tidak terlipat, yaitu telinga yang tegak dan meruncing seperti kucing biasanya.

Scottish Fold pertama kali adalah bernama Susie, yang merupakan kucing berbulu putih dan juga memiliki penampilan dengan telinga yang melipat. Pada tahun 1961, Susie ditemukan di area pertanian di Perthshire, Skotlandia oleh seorang petani. Ketika itu Susie sedang hamil, dan kemudian ia melahirkan anak-anak kucing yang memiliki bentuk telinga yang sama dengan Susie. Kemudian, salah satu anaknya Susie diadopsi oleh William Ross dan istrinya yang bernama Mary, yang merupakan tetangga petani tersebut yang juga merupakan seorang pencinta kucing.

Tokoh pilihan

Casper
Casper adalah seekor kucing domestik jantan yang menarik perhatian media di seluruh dunia pada tahun 2009 ketika dilaporkan bahwa ia adalah seekor kucing komuter bus reguler di Plymouth, Devon, Inggris. Dia muncul di BBC News dan koran berita The Guardian. Casper memiliki sebuah buku yang ditulis oleh pemilknya tentang dia, Casper the Commuting Cat (Casper si Kucing Komuter). Casper meninggal pada tanggal 14 Januari 2010 karena ditabrak oleh mobil taksi.

Casper diadopsi dari sebuah pusat penyelamatan hewan di Weymouth, Dorset, Inggris pada tahun 2002 oleh Susan Finden, seorang petugas kesehatan berusia 48 tahun. Casper telah berada di pusat penyelamatan selama sekitar sepuluh bulan. Pemiliknya di pusat penyelamatan memanggilnya dengan nama Morse. Tetapi, setelah beberapa hari tinggal dengan pemilik barunya di rumahnya yang terletak di Weymouth, Finden mengubah namanya menjadi Casper.

Tahukah Anda

  • "...bahwa kucing polidaktil (foto) memiliki jumlah jari kaki yang lebih dari kucing biasanya? Kucing polidaktil memiliki 6 jari pada kaki depan dan 5 jari pada kaki belakang, sehingga jari kakinya berjumlah 22 jari dan bahkan dapat lebih dari itu. Sedangkan, kucing normal memiliki 5 jari pada kaki depan dan 4 jari pada kaki belakang, sehingga berjumlah 18 jari."
  • "...bahwa kucing dapat mengarahkan tubuhnya dengan benar ketika terjatuh dari ketinggian sehingga mereka dapat selamat? Kemampuan ini dinamakan refleks meluruskan. Kucing dapat sempurna melakukan ini ketika menginjak usia 3-4 minggu."
  • "...bahwa kucing tidak dapat merasakan makanan karena kurangnya sensor saraf perasa di lidah mereka? Kucing hanya memiliki 473 sensor saraf perasa, sedangkan manusia sekitar 9000 sensor. Jika manusia memiliki nafsu makan pada rasa makanan, kucing memiliki nafsu makanan pada bau makanan."
  • "...bahwa pernikahan hewan termahal di dunia adalah pernikahan antara sepasang kucing bernama Phet dan Ploy? Pernikahan ini diselenggarakan di Thailand pada tahun 1996. Dalam pernikahan tersebut telah menghabiskan biaya sebesar 427,220 dolar AS atau lebih dari 5 triliun rupiah."
  • "...bahwa rekor kucing melahirkan anak terbanyak selama setahun dipegang oleh Dusty dari Bonham, Texas? Dusty telah melahirkan anak kucing sebanyak 420 ekor pada tahun 1952 dan dia telah disebut sebagai kucing paling produktif."

Topik

Portal terkait

Proyek Wikimedia

Proyek saudara Wikimedia Foundation berikut menyediakan lebih banyak tentang subjek ini:

Wikibooks
Buku

Commons
Media

Wikinews 
Berita

Wikiquote 
Kutipan

Wikisource 
Teks

Wikiversity
Sumber belajar

Wikivoyage 
Petunjuk perjalanan

Wiktionary 
Definisi

Wikidata 
Kumpulan data

Wikispecies 
Spesies