Notasi ilmiah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Notasi ilmiah adalah cara penulisan nomor yang mengakomodasi nilai-nilai terlalu besar atau kecil untuk dengan mudah ditulis dalam notasi desimal standar. Notasi ilmiah memiliki sejumlah sifat yang berguna dan umumnya digunakan dalam kalkulator oleh para ilmuwan, matematikawan, dokter, dan insinyur.

Dalam notasi ilmiah, semua nomor ditulis seperti ini:

("a dikali 10 pangkat b"), dengan pangkat b sebagai bilangan bulat, dan koefisien a adalah bilangan riil, disebut significand atau mantissa (istilah "mantissa" dapat menyebabkan kebingungan karena juga dapat merujuk ke bagian pecahan dari logaritma). Jika nomor itu negatif, simbol negatif () diletakkan di depan , seperti notasi desimal biasa. Dalam notasi normalisasi, penulisan dilakukan agar lebih dari 1 namun kurang dari 10 ().

Notasi normalisasi[sunting | sunting sumber]

Dalam notasi normalisasi, penulisan notasi ilmiah dilakukan dengan memilih nilai agar nilai absolut dari lebih atau sama dengan 1, namun kurang dari 10 (). Misalnya 300 akan ditulis sebagai dalam notasi ilmiah yang dinormalisasi. Jika nilai bilangan berada di antara 0 dan 1, maka nilai bernilai negatif. Misalnya, nilai 0.75 akan ditulis sebagai . Selain itu, angka 10 dan eksponennya biasanya dihilangkan jika nilai eksponen bernilai 0. Proses normalisasi notasi dapat mempermudah dalam perbandingan beberapa nilai karena dapat cukup membandingkan nilai dari pangkatnya saja.

Notasi desimal biasa Notasi ilmiah (normalisasi)
300 3×102
4,000 4×103
5,720,000,000 5,72×109
0,00000000001675 1,675×10−11

Notasi teknik[sunting | sunting sumber]

Dalam notasi teknik, penulisan notasi ilmiah dilakukan dengan memilih nilai dalam kelipatan 3, yang berarti nilai absolut berada di antara 1 dan 1000 (). Hal ini dilakukan agar penulisan angka sesuai dengan awalan SI yang dapat mempermudah komunikasi oral maupun pembacaan. misalnya, m dapat dibaca sebagai "dua belas koma lima nanometer" atau dapat ditulis sebagai 12,5 nm. Penulisan notasi ilmiah yang dinormalisasi untuk angka tersebut adalah m yang dapat dibaca sebagai "satu koma dua lima kali sepuluh pangkat negatif 8 meter."

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]