Metro Jambi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Metro Jambi adalah surat kabar harian pagi lokal di Indonesia, yang diterbitkan di Kota Jambi, provinsi Jambi di pulau Sumatra. Awalnya surat kabar ini bernama Posmetro Jambi, yang kemudian diganti menjadi Metro Jambi setelah diambil alih oleh wartawan senior Jambi, Agus Dini Putra, dari anak perusahaan grup Jawa Pos karena terancam tutup.

Pertama kali terbit pada Januari 2017, Metro Jambi dipimpin langsung oleh Agus Dini Putra selaku Pemimpin Umum dan Pemimpin Redaksi. Kini Agus Dini Putra menjabat pembina manajemen, sedangkan manajemennya sejak awal 2021 dipercayakan kepada Joni Rizal selaku Pemimpin Umum dan Pemimpin Redaksi.

Joni Rizal adalah wartawan yang menitir karir di media-media grup Jawa Pos sejak 2000 --wartawan daerah yang dalam waktu singkat menduduki posisi redaktur, kordinator liputan, redaktur pelaksana, wakil pemimpin redaksi hingga dipercaya menjadi pemimpin redaksi media terbesar di Jambi di kala itu.

Wakil Pemimpin Redaksi Metro Jambi dijabat Sabar Yusminardi, Pemimpin Perusahaan Amril Hidayat, dan Redaktur Pelaksana Sahrial.

Di bawah kepemimpinan Joni Rizal, yang berpengalamanan memimpin media-media besar di Jambi, antara lain sebagai Pemimpin Redaksi Jambi Independent dan pemimpin redaksi stasiun televisi lokal, Jek TV, Harian Pagi Metro Jambi menjadi satu-satunya media yang konsisten menerbitkan berita mendalam (in-depth) dan berita investigasi. Karena itu, Metro Jambi dan Metrojambi.com menjadi trend setter dalam hal kedalaman liputan dan gaya penulisan.

Versi digital Harian Pagi Metro Jambi bisa dibaca di My Edisi.

Pada 2010, Metro Jambi melahirkan media online yang diberi nama Metrojambi.com (www.metrojambi.com). Sejak 2021, Joni Rizal menjabat Pemimpin Umum di Metrojambi.com, sedangkan Pemimpin Redaksi dipercayakan kepada Ikbal Ferdiyal.

Portal berita Metrojambi.com dikelola secara terintegrasi dan terafiliasi dengan sejumlah media sosial, seperti kanal Youtube MetroJambiTV, akun Instagram @metrojambitv dan twitter @metrojambi. Metrojambi.com juga memiliki kanal video streaming untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi berbentuk video. Ada pula kanal khusus yang memuat galeri foto dari jepretan fotografer profesional dan seniman foto.

Metro Jambi berjejaring dengan sejumlah media nasional, seperti Suara.com dan lainnnya.

Dengan inovasi tanpa henti, Metrojambi.com adalah media online yang progresif dan adaptif terhadap perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Demikian pula, gabungan media cetak Metro Jambi dan media online Metrojambi.com membuat Metro Jambi Group menjadi kelompok media lokal yang semakin kokoh dan disegani.

Metro Jambi Group memiliki lini bisnis di bidang properti, salah satunya mengembangkan komplek perumahan Metro Jambi Residence.

Graha Metro Jambi adalah bangunan milik sendiri yang dimanfaatkan sebagai kantor Metro Jambi Group di Jl. A. Thalib No. 7-8 Pematang Sulur, Telanaipura, Jambi, Indonesia. Kontak ke Metro Jambi Group bisa dilakukan melalui telepon (0741) 5913611 dan email posmetro_jambi@yahoo.com dan beritadigital@yahoo.com.