Lorjuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lorjuk merupakan karang laut bercangkang yang panjang tubuhnya sekitar 3 cm. Lorjuk adalah jenis kerang khas yang hanya terdapat di perairan atau pantai pesisir pulau Madura.

Di Madura, Lorjuk sering diolah untuk dijadikan pepes dan air hasil rebusannya dapat diolah menjadi petis. Di Pamekasan terdapat kuliner yang menjadikan lorjuk sebagai makanan khas yakni Campor Lorjuk. Lorjuk di Pulau Madura juga dibuat camilan khas yakni Nang-ghinang Lorjuk. Selain itu lorjuk di Pulau Madura sering diolah menjadi camilan dengan digoreng kering juga bisa dioseng untuk makanan sehari-hari atau campuran makanan semacam kerupuk/ keripik. Lorjuk juga menjadi nama sebuah band musik asal Sumenep.

Lorjuk hanya bisa dicari di balik batu dan pasir dasar laut yang surut yang hanya berlangsung dua hingga tiga jam. Dalam jangka waktu tersebut, bisa diperoleh dua sampai tiga mangkuk lorjuk.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Genthong, Aryo Wisanggeni; Rinaldi, Ingki (7 Oktober 2013). Asdhiana, I Made, ed. "Santapan Madura, Hari Berbeda, Laku Serupa". Kompas.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 Oktober 2013. Diakses tanggal 5 Januari 2019.