Lijiang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lijiang
丽江市
Likiang
Kolam Naga Hitam
Lapangan Yuhe
Kuil Dongyue
Benteng Hulishan
Lokasi yurisdiksi Kota Lijiang di Yunnan
Lokasi yurisdiksi Kota Lijiang di Yunnan
Lijiang di Tiongkok
Lijiang
Lijiang
Lokasi di Cina
Koordinat (Pemerintah Kota Lijiang): 26°51′19″N 100°13′33″E / 26.8552°N 100.2259°E / 26.8552; 100.2259Koordinat: 26°51′19″N 100°13′33″E / 26.8552°N 100.2259°E / 26.8552; 100.2259
NegaraRepublik Rakyat Tiongkok
ProvinsiYunnan
Pusat administrasiGucheng
Luas
 • Kota setingkat prefektur20.557 km2 (7,937 sq mi)
 • Luas perkotaan
1.264 km2 (488 sq mi)
 • Luas metropolitan
1.264 km2 (488 sq mi)
Ketinggian
2.400 m (7,900 ft)
Populasi
 (sensus 2020)[1]
 • Kota setingkat prefektur1.253.878
 • Kepadatan61/km2 (160/sq mi)
 • Perkotaan
288.787
 • Kepadatan perkotaan230/km2 (590/sq mi)
 • Metropolitan
288.787
 • Kepadatan metropolitan230/km2 (590/sq mi)
PDB[2]
 • Kota setingkat prefekturCN¥ 62 miliar
US$ 9.1 miliar
 • Per kapitaCN¥ 49,768
US$ 7,340
Zona waktuUTC+08:00 (Standar Tiongkok)
Kode pos
674100
Kode area telepon0888
Kode ISO 3166CN-YN-07
Awalan plat nomor云P
Situs weblijiang.gov.cn
Lijiang

"Lijiang" dalam karakter Cina Sederhana (atas) dan Tradisional (bawah)
Hanzi sederhana: 丽江
Hanzi tradisional: 麗江

Lijiang (Hanzi: 丽江), sebelumnya diromanisasi sebagai Likiang, adalah sebuah kota setingkat prefektur di barat laut Provinsi Yunnan, Tiongkok. Kota ini memiliki luas 21.219 kilometer persegi (8.193 sq mi) dan berpenduduk 1,253,878 jiwa pada sensus 2020, dimana 288,787 jiwa tinggal di kawasan terbangun (metro) di Distrik Gucheng. Lijiang terkenal dengan Situs Warisan UNESCO, Kota Tua Lijiang, yang berisi campuran gaya arsitektur bersejarah yang berbeda dan sistem pasokan air kuno yang kompleks.[3]dan berbatasan dengan Prefektur Otonomi Liangshan Yi dan kota Panzhihua di Provinsi Sichuan di sebelah timur. Ia memiliki satu kotamadya, empat kabupaten.

Kota Lijiang terletak di Dataran Tinggi Yungui dan Dataran Tinggi Qinghai-Tibet. Ini adalah salah satu kawasan hutan utama di Provinsi Yunnan dan salah satu basis transmisi listrik di barat dan timur industri pembangkit listrik tenaga air Tiongkok. Kota Lijiang adalah pemukiman multietnis, kecuali untuk bangsa Han, total ada 22 etnis minoritas.

Lijiang adalah satu-satunya kota setingkat prefektur dengan tiga Situs Warisan Dunia, kaya akan sumber daya pariwisata, 104 objek wisata, seperti Kota Lijiang Kuno, Gunung Salju Yulong, Ngarai Lompatan Harimau, Gunung Laojun, dan Kota Kuno Shuhe.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bangunan dinasti Qing di sekitar Kolam Naga Hitam dengan latar belakang Gunung Salju Naga Giok.

Sejak 100.000 tahun yang lalu, orang-orang dari zaman Paleolitikum akhir masih aktif di tempat yang sekarang disebut Lijiang. Penemuan lukisan gua di Lembah Sungai Jinsha bersama dengan sejumlah perkakas batu neolitikum dan artefak-artefak selanjutnya dari Zaman Perunggu dan Besi membuktikan Lijiang sebagai salah satu pusat aktivitas manusia purba terpenting di Tiongkok barat daya.

Periode Negara-negara Berperang, itu milik Prefektur Shu di negara bagian Qin. Pada akhir periode Negara-negara Berperang, itu adalah bagian dari wilayah Kerajaan Dian.

Dinasti Han, Kerajaan Dian diserahkan kepada Han, dan Kota Lijiang saat ini adalah milik Komando Yuezhi, yang dikenal sebagai Kabupaten Suijiu.

Tiga Kerajaan, itu adalah bagian dari Prefektur Yunnan.

Dinasti Utara dan Selatan, Lijiang masih milik Prefektur Yunnan, dikenal sebagai Kabupaten Suijiu, dan ada sekitar orang Naxi yang bermigrasi ke sini.

Dinasti Tang, dulunya merupakan wilayah Kantor Gubernur Yaozhou, kemudian menjadi bagian dari Kekaisaran Tibet, Wilayah Nanzhao, yang dikenal sebagai Sangchuan, berada di bawah yurisdiksi Komisi Militer Jianchuan.

Kota Tua Baisha adalah pusat politik, komersial dan budaya bagi masyarakat Naxi lokal dan kelompok etnis lainnya selama 450 tahun dari tahun 658 M hingga 1107AD. Istana Dabaoji dari Baisha Fresco, sangat dekat dengan Institut Sulaman Buatan Tangan Baisha Naxi, dibangun pada tahun 658 M di Dinasti Tang (618 M hingga 907 M).

Pada zaman kuno, Kota Tua Baisha dulunya adalah pusat sulaman sutra di barat daya Tiongkok dan tempat terpenting Jalan Sutra Selatan Kuno, juga disebut Jalan Teh dan Kuda Kuno atau Rute teh kuno.[4] Jalur Sutra Selatan Kuno dimulai dari Burma, melintasi Lijiang, Kabupaten Shangri-La, Tibet, dilanjutkan melalui Iran, Bulan Sabit Subur sebelum akhirnya mencapai Laut Mediterania.

Kerajaan Lijiang tunduk kepada Khubilai Khan saat ia memimpin pasukannya melawan kerajaan Dali pada tahun 1253.[5] Meskipun kerajaan tersebut dimasukkan ke dalam Kekaisaran Mongol kemudian Dinasti Yuan, kerajaan tersebut diberi status tusi, atau kantor adat, yang memberikan otonomi kepada penguasa Naxi setempat. Selama Dinasti Ming, Naxi adalah salah satu dari sedikit masyarakat perbatasan yang segera mendukung Ming.[5] Ketika Naxi membantu Ming melakukan ekspansi di Tiongkok Barat Daya, keluarga penguasa diberi gelar Mu. Selama periode ini Kerajaan Lijiang mampu memperluas wilayahnya ke Sichuan dan Tibet membawa banyak orang Tibet ke wilayahnya serta pengaruh budaya dan agama mereka. [5]Itu berada di bawah kekuasaan keluarga penguasa Naxi dari keluarga Mu (木氏) pada masa Yuan (belum bernama Mu), Ming, dan Dinasti Qing.[6] Mu "memegang posisi ini sampai tahun 1723, ketika Lijiang menjadi badan hukum langsung di bawah otoritas pemerintah pusat Qing."[5]

Tahun ke-15 pemerintahan Dinasti Ming Kaisar Hongwu (1382), A Jia A De, kepala suku setempat di Lijiang, "memimpin masyarakat untuk tunduk," dan Lijiang Lu XuanfuSi (kantor komisaris pengamanan Jalan Lijiang) dipercaya kembali ke Prefektur Lijiang. Pada tahun ke-30 Kaisar Hongwu (1397), ia dipromosikan menjadi Lijiang Junmin Fu (Administrasi Militer dan Sipil Lijiang), yang menguasai empat negara bagian, satu kabupaten, dan satu kantor inspeksi patroli: Negara Bagian Tong'an, Negara Bagian Baoshan , Negara Bagian Ju Jin, Kabupaten Lin Xi, dan Shimen melewati kantor Inspeksi Patroli.

Pada tahun ke-17 pemerintahan Dinasti Qing Kaisar Shunzhi (1660), Lijiang JunminFu didirikan kembali, dengan keluarga Mu terus memegang posisi kepala suku secara turun-temurun. Pada tahun pertama pemerintahan Kaisar Yongzheng (1723), dilaksanakan "reformasi sistem kepala suku pribumi" [7]di Lijiang, menggantikan ketua turun-temurun dengan pejabat yang ditunjuk dari istana, dan menurunkan keluarga Mu ke posisi pemerintahan Kaisar Qianlong (1770), Kabupaten Lijiang didirikan.

Pada tahun kedua Republik Tiongkok (1912), Prefektur Lijiang dihapuskan, hanya mempertahankan wilayahnya saja, dan pemerintah daerah pindah ke bekas gedung perkantoran di Prefektur Lijiang.

Pada tahun ke-20 Republik Tiongkok (1931), tiga kabupaten didirikan di wilayah Lijiang saat ini: Lijiang, Yongbei, dan Huaping.

Pada tahun 2002 Kota Lijiang didirikan, menggantikan bekas Daerah Otonomi Lijiang Naxi.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Baoshan, sebuah desa di Kabupaten Yulong

Lijiang terletak di bagian barat laut Yunnan dan berbatasan dengan Sichuan. Itu berada di wilayah yang dicakup oleh Pegunungan Hengduan, tempat bertemunya Dataran Tinggi Qinghai-Tibet dan Dataran Tinggi Yunnan-Guizhou. Berbatasan dengan Prefektur Otonomi Sichuan Liangshan Yi dan Kota Panzhihua di timur, dan Jianchuan, Heqing dan Binchuan tiga dari Prefektur Otonomi Dali Bai di selatan. Kabupaten dan Prefektur Otonomi Chuxiong Yi Kabupaten Dayao dan Yongren, sebelah barat dan utara berbatasan dengan Kabupaten Lanping di Prefektur Otonomi Nujiang Yi dan Kabupaten Weixi di Prefektur Otonomi Tibet Diqing. Kota ini memiliki luas total 20.600 kilometer persegi dan mengatur kota kuno, Kabupaten Otonomi Yulong Naxi, Kabupaten Yongsheng, Kabupaten Huaping dan Kabupaten Otonomi Ninglang Yi.[8]

Kota Lijiang memiliki dataran yang lebih tinggi di barat laut dan lebih rendah di tenggara. Titik tertinggi merupakan puncak utama Gunung Salju Yulong , dengan ketinggian 5.596 meter, dan titik terendah berada di muara Sungai Tangba di Kotapraja Shilongba, Kabupaten Huaping , dengan ketinggian 1.015 meter, sehingga menghasilkan ketinggian maksimum selisih 4.581 meter. Di sebelah barat Gunung Yulong terletak sub-wilayah pegunungan tinggi dan ngarai di Pegunungan Hengduan, yang dicirikan oleh pegunungan tinggi dan lembah yang dalam, dengan barisan pegunungan yang curam dan menjulang tinggi serta sungai yang membelahnya dalam-dalam. Di sebelah timur Gunung Yulong merupakan bagian dari kawasan dataran tinggi pegunungan Cekungan Dianxi, khususnya subkawasan barat laut Dataran Tinggi Dian, yang memiliki ketinggian lebih tinggi dan medan pegunungan yang lebih kokoh. Di kedua sisi pegunungan utama, terdapat juga lembah luas yang berorientasi timur-barat, menciptakan lanskap bentang alam yang kompleks dan rumit dengan medan bergelombang dan perbedaan ketinggian yang signifikan. Terdapat 111 cekungan besar dan kecil yang tersebar di antara pegunungan, umumnya pada ketinggian lebih dari 2.000 meter, dengan Cekungan Lijiang menjadi yang terbesar, seluas sekitar 200 kilometer persegi dan ketinggian rata-rata 2.466 meter.

Sungai Jinsha , yang mengalir melalui Kota Lijiang, bersama dengan tiga barisan pegunungan utama yang muncul secara tiba-tiba di kedua sisinya— Gunung Laojun di Pegunungan Yunling , Gunung Yulong, dan Gunung Mianmian (umumnya dikenal sebagai Xiao Liangshan), membentuk kerangka dasar dan tulang punggung topografi Kota Lijiang. Gunung Laojun membentang seperti pembatas dari utara ke selatan di sisi barat, dengan puncak utamanya mencapai ketinggian 4.247,4 meter. Gunung Salju Yulong, yang terletak 15 kilometer dari pusat pemerintahan kota Lijiang, memiliki bentang alam gletser pegunungan tinggi dan tertutup salju sepanjang tahun. Ke-13 puncaknya terhubung ujung ke ujung, mengarah ke langit. Di sebelah timur terletak Gunung Mianmian. Terdapat 12 gunung tinggi di Kota Lijiang dengan ketinggian berkisar antara 3.500 hingga 5.000 meter. Pegunungan tengah dengan ketinggian antara 2.500 dan 3.500 meter tersebar di seluruh kabupaten. Daerah Ninglang dan Yongsheng memiliki jumlah pegunungan yang sangat tinggi, dan daerah pegunungan rendah di bawah 2.500 meter tersebar luas di bagian tenggara dan selatan kota.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Karena letaknya yang rendah dan dataran tinggi, pusat kota Lijiang mengalami iklim dataran tinggi subtropis (Köppen Cwb). Musim dinginnya sejuk dan sangat kering serta cerah (>70% kemungkinan sinar matahari), meskipun rata-rata suhu terendah pada bulan Desember dan Januari berada tepat di bawah titik beku; Januari, bulan paling dingin, dengan suhu rata-rata 24 jam sebesar 6,7 °C (44,1 °F). Musim semi dimulai lebih awal dan tetap kering serta cerah hingga akhir Mei, ketika terjadi peningkatan dramatis dalam frekuensi dan jumlah curah hujan yang berlangsung hingga akhir September. Musim panas hangat, banyak hujan (lebih banyak daripada cerah) dan lembap, dengan bulan Juni, bulan terhangat, dengan suhu rata-rata 19,1 °C (66,4 °F). Di musim gugur, curah hujan berkurang secara tiba-tiba dan kembali cerah. Suhu rata-rata tahunan adalah 13,3 °C (55,9 °F), sedangkan curah hujan rata-rata 968 mm (38,1 in), sekitar 80% di antaranya terjadi dari bulan Juni hingga September. Dengan persentase kemungkinan sinar matahari bulanan berkisar antara 29% pada bulan Juli hingga 80% pada bulan Desember, kota ini menerima 2.412 jam sinar matahari cerah setiap tahunnya.

Hidrologis[sunting | sunting sumber]

Sungai-sungai di kota Lijiang terbagi menjadi dua daerah aliran sungai besar dan tiga sistem perairan, yaitu sistem Sungai Jinsha dan sistem Sungai Yalong di DAS Yangtze, dan sistem Sungai Lancang di DAS Lancang-Mekong. Diantaranya, cekungan Sungai Yangtze mencakup area seluas 20.799 kilometer persegi, mencakup 98% dari total luas; DAS Lancang mencakup area seluas 420 kilometer persegi, mencakup 2% dari total luas. Terdapat total 93 anak sungai tingkat kedua ke atas dari Sungai Jinsha, Sungai Yalong, dan Sungai Lancang di kota Lijiang, dimana terdapat 21 sungai dengan luas cekungan lebih dari 200 kilometer persegi.

Selain Danau Lugu , ada dua danau alami yang lebih besar di kota Lijiang, Chenghai dan Lashihai . Diantaranya, Chenghai terletak di Kabupaten Yongsheng dan merupakan salah satu dari tiga danau di dunia yang kaya akan spirulina alami. Ini juga merupakan satu-satunya danau di Tiongkok di mana spirulina dapat tumbuh secara alami. Luasnya 77,2 kilometer persegi, dengan kapasitas penyimpanan air 1,987 miliar meter kubik, kedalaman air rata-rata 25,74 meter, dan merupakan danau terbesar keempat di Provinsi Yunnan.[12]

Lashihai terletak di Kota Lashi, Kabupaten Yulong , 8 kilometer dari kawasan perkotaan Lijiang. Luas danau berbentuk lonjong dengan ketinggian 2.450 meter, kedalaman air 2,5 hingga 4,5 meter, luas tampungan air 241 kilometer persegi, dan luas permukaan danau 8,5 kilometer persegi. Pada tahun 1998, kawasan ini menjadi cagar alam lahan basah dataran tinggi pertama dan habitat burung migran di Provinsi Yunnan, [13]dan pada tahun 2005, kawasan ini dimasukkan dalam daftar Lahan Basah Penting Secara Internasional.[14]

Sumber daya alam[sunting | sunting sumber]

Sumber daya lahan[sunting | sunting sumber]

Pada akhir tahun 2022, Kota Lijiang memiliki total lahan subur seluas 185.745,95 hektar (2.786.189 mu). Ini termasuk:Sawah seluas 29.283,03 hektar (439.245 mu), mencakup 15,77% dari total luas. Lahan irigasi seluas 5.857,66 hektar (88.765 mu), mencakup 3,15% dari total. Lahan kering seluas 150.605,26 hektar (2.259.079 mu), mencakup 81,08% dari total luas.

Kabupaten Yongsheng dan Kabupaten Otonomi Ninglang Yi memiliki lahan subur yang relatif lebih luas, yaitu 64,28% dari total lahan subur di Kota Lijiang. Semua lahan subur terletak di daerah dengan sistem tanam ganda per tahun dan di daerah dengan curah hujan tahunan 800-1200 milimeter (termasuk 800 milimeter).

Sumber daya hayati[sunting | sunting sumber]

Kota Lijiang adalah rumah bagi keanekaragaman flora dan fauna, dengan lebih dari 13.000 spesies hewan dan tumbuhan, menjadikannya salah satu basis perlindungan spesies ini yang terkenal di negara ini.[15] Kawasan ini juga merupakan salah satu kawasan hutan utama di Provinsi Yunnan dan telah diidentifikasi oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) sebagai salah satu dari 25 hotspot keanekaragaman hayati global di wilayah Pegunungan Hengduan, Tiongkok. Di dalam perbatasannya, terdapat beberapa satwa liar nasional yang dilindungi kelas satu, seperti monyet berhidung pesek emas Yunnan, macan dahan, dan rusa kesturi hutan, serta jenis tumbuhan liar nasional kelas satu yang dilindungi dan langka, termasuk Himalaya yew, pisang raja air di dataran tinggi, dan pakis Yulong. Tingkat tutupan hutan di Kota Lijiang adalah 72,14%, menjadikannya salah satu kawasan utama untuk perlindungan hutan alam di negara tersebut.[16]

Kota Lijiang telah mencatat beragam spesies hewan, antara lain:Mamalia: 112 spesies dalam 8 ordo, 21 famili. Burung: 446 spesies dalam 17 ordo, 46 ​​famili. Amfibi dan reptil: 51 spesies dalam 3 ordo, 14 famili, dan 35 genera. Ikan: Lebih dari 70 spesies dalam 5 ordo, 15 famili. Dari segi Tumbuhan berpembuluh, terdapat 4.163 spesies (subspesies), yang termasuk dalam 224 famili dan 1.120 marga. Jumlah tanaman berbiji lebih dari 3.200 spesies dalam 145 famili dan 758 genera, dengan lebih dari 2.000 spesies bahan obat. Terdapat 2.266 spesies endemik Tiongkok dan 617 spesies endemik Provinsi Yunnan.

Gunung Salju Yulong di dalam batas kota adalah situs tipifikasi spesimen tumbuhan yang terkenal di dunia. Ada juga lebih dari seratus spesies dan varietas tanaman baru yang diberi nama berdasarkan lanskap dan nama tempat Lijiang di panggung internasional. Hasilnya, Kota Lijiang dijuluki sebagai "Kerajaan Tanaman Alpen" dan "Kampung Halaman Tanaman Obat".[17]

Divisi administratif[sunting | sunting sumber]

Pemerintahan Kota Lijiang berada di Distrik Gucheng.

Kota Lijiang terdiri dari satu distrik dan empat kabupaten:

Peta
# Nama Hanzi Hanyu Pinyin Populasi (2010) Luas (km2) Kepadatan (/km2)
1 Distrik Gucheng 古城区 Gǔchéng Qū 211,151 1,127 187
2 Kabupaten Yongsheng 永胜县 Yǒngshèng Xiàn 392,024 5,099 77
3 Kabupaten Huaping 华坪县 Huápíng Xiàn 168,028 2,266 74
4 Daerah Otonomi Yulong Nakhi 玉龙纳西族自治县 Yùlóng Nàxīzú Zìzhìxiàn 214,697 6,521 33
5 Kabupaten Otonomi Ninglang Yi 宁蒗彝族自治县 Nínglàng Yízú Zìzhìxiàn 258,869 6,206 42

Demografi[sunting | sunting sumber]

Lijiang adalah pemukiman multi-etnis. Suku Naxi (berasal dari Tiongkok barat laut dan dengan bahasa Tibeto-Burman serta karakter piktografik mereka sendiri) sebagian besar tersebar di Lijiang, dengan populasi sekitar 230.000 (termasuk Mosuo, yang berbeda dari kebanyakan orang Naxi. Mereka termasuk dalam garis matrilineal marga, dan penduduk setempat menyebutnya kawin berjalan). Ada juga Yi, Lisu, Hua Lisu dan warga negara lainnya. Lijiang memiliki satu-satunya daerah otonom Naxi di Tiongkok. Penduduk di kabupaten ini sebagian besar adalah Naxi, dan ada juga Bai , Yi , Lisu , Pumi dan minoritas lainnya. Diantaranya, Dongba berkebangsaan Naxi dikenal sebagai satu-satunya "piktograf hidup" di dunia yang masih terpelihara secara utuh.

Di antara populasi penduduk pada tahun 2010, populasi Han adalah 537.893, terhitung 43,21% dari total populasi; populasi etnis minoritas adalah 706.876, terhitung 56,79% dari total populasi.

Komposisi Etnis Kota Lijiang (November 2010)[18]
Nama nasional Han Yi Naxi Lisu Bai Pumi Dai Miao Tibet Hui Lainnya
Populasi 537893 243400 240580 115730 52071 20400 11236 6884 5199 4615 6761
Proporsi jumlah penduduk (%) 43.21 19.55 19.33 9.30 4.18 1.64 0.90 0.55 0.42 0.37 0.54
Proporsi populasi minoritas (%) --- 34.43 34.03 16.37 7.37 2.89 1.59 0.97 0.74 0.65 0.96

Budaya lokal[sunting | sunting sumber]

Budaya etnis minoritas[sunting | sunting sumber]

  • Naxi

Orang Naxi mempunyai bahasanya sendiri. Bahasa Naxi termasuk dalam cabang bahasa Tibet-Burma dari rumpun bahasa Sino-Tibet. Bahasa ini secara kasar dibagi menjadi dua dialek di tepi Sungai Jinsha. Dialek-dialek tersebut tidak dapat berbicara satu sama lain. Bahasa standar bahasa Naxi didasarkan pada dialek dialek barat bahasa Naxi, dan suara Kota Dayan Kota Lijiang adalah suara standarnya. Dalam sejarah panjang masyarakat Naxi, pernah ada tokoh Dongbawen dan Gobawen. "Dongbawen" adalah hieroglif yang dibuat oleh masyarakat Naxi lebih dari seribu tahun yang lalu (sebelum Dinasti Tang). Terdiri dari simbol piktografik, simbol fonetik, dan simbol tambahan. Ini adalah satu-satunya hieroglif hidup di dunia yang masih beredar di masyarakat. Masyarakat Naxi umumnya tinggal di daerah bendungan, lembah sungai, dan daerah setengah pegunungan. Perumahan pribadi di kawasan bendungan sebagian besar berupa rumah ubin dengan bangunan sipil. Polanya sebagian besar berupa "tiga ruangan dan satu dinding", dan daerah pegunungan sebagian besar berupa rumah rakit kayu rendah yang dilapisi papan kayu. Orang Naxi suka menyanyi dan menari, dan sering kali ada lagu dan tarian massal dalam produksi dan festival nasional. "Tiga Festival" di awal kalender lunar di awal Februari adalah festival paling tradisional masyarakat Lijiang Naxi.[19]

  • Mosuo

Mosuo terbiasa tinggal di pegunungan dan perairan. Rumah-rumah semuanya terbuat dari kayu. Festival tradisional masyarakat Mosuo antara lain Festival Musim Semi, Festival Perahu Naga, Festival Chaoshan, Festival Leluhur, Festival Dewa Pengorbanan, dan Festival Festival Tanah. Diantaranya, Festival Musim Semi dan Festival Chaoshan adalah yang paling khusyuk. Orang Mosuo bisa menyanyi dan menari.

  • Yi

Suku Yi memiliki sejarah yang panjang, dan nenek moyang mereka adalah orang "Kunming" yang memiliki hubungan dengan mereka. Mereka disebut "Wu Man" pada Dinasti Tang dan Song. Orang Yi mempunyai bahasa dan perkataannya sendiri. Bahasa tersebut termasuk dalam cabang bahasa Tibet-Burma dari rumpun bahasa Sino-Tibet. Ada enam dialek. Orang Xiaoliangshan Yi termasuk dalam dialek utara Shizha. Awalnya merupakan ideogram kuno, beberapa orang mengira itu adalah suku kata piktografik. Dalam sejarah masyarakat Yi, mereka menulis buku-buku sejarah, sastra, astronomi dan kedokteran, kitab klasik keagamaan dan sebagainya. Sebagian besar desa Yi dikelilingi oleh pegunungan dan perairan, dan lingkungannya indah. Umumnya terdapat dua atau 30 rumah tangga, dan jarang ada tiga atau lima rumah tangga atau rumah tangga tunggal. Orang-orang yang tinggal di Xiaoliangshan umumnya bertempat tinggal rendah untuk menghindari dinginnya pegunungan. Sebagian besar berupa rangka kayu dengan struktur pendaratan multi-kolom. Keempat dindingnya terbuat dari kayu atau dipagari bambu dan kayu. Ada banyak festival bagi masyarakat Yi, seperti Festival Bulan, Festival ke-15, Festival 8 Februari, dan Festival 3 Maret, khususnya Festival Obor.

  • Lisu

Bahasa Lisu termasuk dalam rumpun bahasa Sino-Tibet. Masyarakat Lisu tinggal di daerah lereng tinggi. Karena pengaruh medan dan kebiasaan, tidak ada desa yang dihuni puluhan rumah. Umumnya terdapat puluhan rumah tangga di dua atau tiga bukit sebagai satu desa. Desa-desanya berjauhan, dan rumah-rumahnya sebagian besar terbuat dari rakit kayu. Masyarakat Lisu mempunyai lagu lisan dan puisi panjang, serta banyak mitos dan legenda. Setiap bulan Desember, masyarakat Huaping dan tempat lainnya akan mengadakan upacara akbar untuk merayakan "Musim Lebar" (Hari Tahun Baru). Ada juga Festival Perahu Naga "Festival Hangshan" dan "Festival Air Suci" Lixia di Kotapraja Fajar Lijiang.

  • Pumi

Bahasa masyarakat Pumi termasuk dalam cabang bahasa Yi dari kelompok bahasa Tibet-Burma dari rumpun bahasa Sino-Tibet. Dialek-dialek lokal tersebut mempunyai sedikit perbedaan dan umumnya dapat berbicara satu sama lain. Tidak ada kata-kata dalam diri orang Pumi. Suku Pumi di Ninglang dan Muli biasa mengeja bahasa Pumi dalam bahasa Tibet untuk merekam legenda dan lagu sejarah, namun bahasa tersebut tidak populer dan kini banyak digunakan dalam bahasa Mandarin. Masyarakat Pumi hidup secara multimarga, kebanyakan di lereng gunung, dan rumah-rumahnya sebagian besar bertata letak halaman kayu. Masyarakat Pumi memiliki budaya dan seni yang unik. Diantaranya, mitos, legenda dan cerita adalah yang paling banyak jumlahnya. Orang Pumi bisa menyanyi dan menari. Dalam acara festival pernikahan atau pemakaman, diadakan kompetisi “song to the song”. Laki-laki pumi juga menyukai olah raga seperti menembak, memanah, gulat, dan bela diri. Festival tradisional nasional Pumi yang paling populer adalah "Festival Ohwa" (Tahun Baru) pada hari kedelapan bulan kedua belas lunar. Selain itu, ada "Festival Pembalikan Laut" pada tanggal 15 bulan pertama, dan "Festival Rasa Baru" pada musim panen musim semi dan musim gugur.

Masakan[sunting | sunting sumber]

  • Salad Jeli Kacang Jidou (鸡豆凉粉)

Salad jeli kacang Jidou adalah makanan tradisional yang disukai Naxi. Ini diproduksi di Lijiangba dan termasuk dalam keluarga kacang kuning. Karena bentuknya seperti kepala ayam maka dinamakan bubuk kacang ayam. Kacangnya digiling menjadi bihun, warnanya abu-abu kehijauan, digoreng, rujaknya enak sekali, dan wanginya enak. Ini adalah hidangan di meja Naxi.[20]

  • Lijiang Baba (丽江粑粑)

Lijiang Baba adalah mie gandum lokal halus, ditambah ham, minyak kimia, gula dan bumbu lainnya, lalu aduk rata hingga membentuk lapisan. Makanlah yang renyah keemasan, manis dan enak, berminyak tapi tidak berminyak.

  • Barbekyu Naxi (纳西烧烤)

Barbekyu Naxi adalah hidangan karbace tradisional yang populer di Jalan Kuda Teh Lijiang. Bahan utamanya adalah perut babi. Kulitnya berwarna keemasan dan garing, gemuk tapi tidak berminyak, tipis dan bukan kayu bakar, dan rasanya renyah.

  • Mie Menyeberangi Jembatan (过桥米线)

Mie Menyeberangi Jembatan adalah sup bihun dari provinsi Yunnan, yang memiliki sejarah lebih dari 100 tahun. Hidangan ini disajikan dengan semangkuk besar kuah panas mendidih dan bahan kuahnya. Supnya terbuat dari ayam, tulang babi, dan bumbu seperti adas bintang Cina dan jahe. Selain itu, gunakan lapisan lemak ayam untuk mengisolasi sup sehingga menjaganya tetap hangat lebih lama.

  • Erkuai (饵块)

Erkuai adalah sejenis kue beras, namanya secara harfiah berarti "potongan telinga", mengacu pada bentuk salah satu bentuk umumnya. Seringkali disajikan tumis dengan sayuran, dan saus málà, yang merupakan campuran cabai merah kering, lada Sichuan, dan garam.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Bandara Lijiang Sanyi
Stasiun kereta api Lijiang

Bandara[sunting | sunting sumber]

  • Bandara Internasional Lijiang Sanyi (LJG): Bandara Lijiang terletak di selatan kota Lijiang, 28 km (17 mil) dari pusat kota. Ada layanan bus antar-jemput bandara di pusat kota Lijiang. Bandara ini dibuka pada bulan Juli 1995 dan melayani penerbangan ke Kunming, Chengdu, Xishuangbanna, Beijing, Shanghai, Guangzhou, Wuhan, Shenzhen, Xiamen melalui Chongqing dan Guiyang. Ia juga menawarkan layanan pesawat carteran. Ada penerbangan dari Kunming ke Lijiang setiap hari dan waktu penerbangan sekitar 30 menit.

Jalan[sunting | sunting sumber]

  • G5611 Jalan Tol Dali–Lijiang
  • Terdapat layanan bus antara lain ke Kunming (8 jam), Dali (3 jam), Tiger Leaping Gorge, dan Shangri-La.
  • Lijiang memiliki beberapa jembatan di atas Sungai Jinsha, termasuk Jembatan Jinlong, yang dibangun pada tahun 1936, yang tertua di atas Sungai Yangtze.

Kereta Api[sunting | sunting sumber]

Stasiun kereta api Lijiang saat ini merupakan ujung dari jalur kereta api Dali – Lijiang, yang mengarah ke selatan. Jalur kereta api Lijiang–Shangri-La, yang saat ini sedang dibangun, akan memperpanjang jalur ini ke utara hingga Shangri-La.

  • Terdapat layanan kereta api ke Kunming dengan satu kereta semalam dan dua hari, serta kereta satu hari ke Dali.
  • Pada awal tahun 2019, kereta berkecepatan tinggi yang menghubungkan Lijiang ke Kunming diperkenalkan. Tiga pasang kereta berkecepatan tinggi dioperasikan antara stasiun kereta Lijiang dan stasiun kereta Kunming / stasiun kereta Kunming Selatan . Dibutuhkan sekitar 3–3,5 jam dan tarif tiketnya adalah CNY 197–220 untuk kursi kelas dua.
  • Ada lebih dari 5 pasang kereta cepat konvensional yang beroperasi antara Lijiang dan Kunming. Jaraknya sekitar 517 km (321 mil), membutuhkan 8,5 – 9,5 jam untuk sekali jalan. Tidur nyenyak berharga CNY 186,5.
  • Jalur kereta api Lijiang–Shangri-La dari Lijiang ke Shangri-La diharapkan dibuka pada akhir tahun 2021.

Trem[sunting | sunting sumber]

  • Jalur 1 Trem Lijiang mulai dibangun pada Oktober 2019.[21]

Tempat wisata utama[sunting | sunting sumber]

Kota Tua Lijiang[sunting | sunting sumber]

Kota Tua di malam hari

Kota Tua Lijiang adalah kota sejarah dan budaya nasional. Dibangun pada akhir Dinasti Song (akhir abad ke-13 M). Terletak di tengah Bendungan Lijiang. Ini adalah kota kuno yang paling terpelihara dan paling bergaya Naxi di Tiongkok. Terletak di Dataran Tinggi Yunnan-Guizhou. Pada ketinggian 2.416 meter, kota ini meliputi area seluas 3,8 kilometer persegi. Pada bulan Desember 1997, ia dimasukkan dalam daftar “Warisan Budaya Dunia” oleh Komite Warisan Dunia UNESCO.[22]

Danau Lugu[sunting | sunting sumber]

Danau Lugu berada 2.680 meter di atas permukaan laut, dengan luas lebih dari 50 kilometer persegi. Kedalaman danau rata-rata 45 meter dan terdalam 93 meter. Danaunya jernih dan biru, dengan jarak pandang 12–14 meter. Ini adalah salah satu danau air tawar terdalam di Tiongkok.[23]

Gunung Salju Naga Giok[sunting | sunting sumber]

Gunung Salju Naga Giok menjulang tinggi di atas atap kota tua

Gunung Salju Naga Giok terletak antara 100°4′2”-100°16'30” Bujur Timur dan 27°3'2”-27°18'57” Lintang Utara. Area pemandangannya seluas 415 kilometer persegi. Puncak kipas utama berada 5.596 meter di atas permukaan laut. Ia mempunyai salju sepanjang tahun dan mengembangkan gletser maritim beriklim sedang yang paling dekat dengan khatulistiwa di benua Eurasia. Gunung Salju Naga Giok disebut "Oulu" dalam bahasa Naxi, yang berarti batu gunung keperakan. Penuh dengan perak, 13 puncak salju tidak ada habisnya, seperti "naga" yang terbang di atas awan, disebut "Naga Giok". Karena litologinya sebagian besar berupa batugamping dan basalt, maka berwarna hitam putih, sehingga disebut juga "gunung salju hitam putih". Dia adalah gunung hati masyarakat Naxi. Dikatakan bahwa orang Naxi melindungi para dewa dari inkarnasi "tiga lagi".[24]

Gunung Laojun[sunting | sunting sumber]

Gunung Laojun adalah kombinasi dari tiga tempat pemandangan tingkat nasional di Gunung Salju Naga Giok, Tiga Sungai Bersamaan, dan Danau Cangshan Erhai. Ini adalah bagian penting dari Kawasan Pemandangan Gunung Salju Yulong. Tempat pemandangan ini sebagian besar terdiri dari Laojunshan Jiujiu Longtan, Pabrik Jinsi Jinshan Yuhu, Bentang Alam Dawn Meile Danxia, ​​Kebun Raya Alpine Alam Utama Baru dan area (atraksi) lainnya, dengan luas total 715 kilometer persegi, yang sedang dalam perencanaan dan pengembangan. Resor ekowisata. Ini bergema dengan Gunung Salju Naga Giok dan membentuk sayap timur dan barat sumber daya pariwisata Lijiang.[25]

Di dekat sini[sunting | sunting sumber]

Sekitar 35 kilometer sebelah utara Lijiang terdapat Teras Baishui, sebuah area di mana mata air mengalir melalui teras sinter, meninggalkan travertine.

Lima belas kilometer sebelah utara Lijiang adalah desa Baisha, yang terkenal dengan Baisha Fresco dan Institut Sulaman Buatan Tangan Naxi. Lukisan dinding ini dibangun pada Dinasti Ming 600 tahun yang lalu, Institut Sulaman Buatan Tangan Naxi dibangun 800 tahun yang lalu, merupakan markas besar penyulam Naxi dan juga, sekolah bagi para penyulam Naxi. Ada banyak ahli sulaman Naxi, guru, pelajar, dan petani lokal di sana. Seni bordir mereka dapat ditemukan di sana.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Perguruan Tinggi Guru Lijiang (丽江师范高等专科学校; Lìjiāng Shīfàn Gāoděng Zhuānkēxuéxiào) dan Perguruan Tinggi Kebudayaan dan Pariwisata Lijiang (丽江文化旅游学院; Lìjiāng Wénhuà Lǚyóu Xuéyuàn) berlokasi di Lijiang.[26][27] Yang terakhir adalah cabang dari Universitas Yunnan (YNU).[28] Suatu saat perguruan tinggi guru bergabung menjadi YNU.[29]

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

26°53′N 100°14′E / 26.883°N 100.233°E / 26.883; 100.233


  1. ^ "China: Yúnnán (Prefectures, Cities, Districts and Counties) - Population Statistics, Charts and Map". 
  2. ^ 云南省统计局、国家统计局云南调查总队 (December 2023). 《云南统计年鉴-2023》. 中国统计出版社. ISBN 978-7-5037-9653-1. 
  3. ^ "Old Town of Lijiang". UNESCO World Heritage Centre. United Nations, Educational, Scientific, and Cultural Organization. Diakses tanggal 4 Apr 2021. 
  4. ^ Forbes, Andrew; Henley, David (2011). China's Ancient Tea Horse Road. Chiang Mai: Cognoscenti Books. ASIN: B005DQV7Q2
  5. ^ a b c d Kapstein, Matthew (2009). Buddhism between Tibet and China. Boston: Wisdom Publications. 
  6. ^ 学术动态—丽江木氏土司与滇川藏交角区域历史文化研讨会综述. iea.cass.cn. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 15, 2017. Diakses tanggal May 22, 2019. 
  7. ^ Herman, John E. (February 1997). "Empire in the Southwest: Early Qing Reforms to the Native Chieftain System". The Journal of Asian Studies (dalam bahasa Inggris). 56 (1): 47–74. doi:10.2307/2646343. ISSN 1752-0401. 
  8. ^ 丽江市人民政府门户网站. Lijiang People's Government. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 15, 2019. Diakses tanggal May 22, 2019. 
  9. ^ 中国气象数据网 – WeatherBk Data (dalam bahasa Tionghoa). China Meteorological Administration. Diakses tanggal 10 April 2023. 
  10. ^ "Experience Template" 中国气象数据网 (dalam bahasa Tionghoa). China Meteorological Administration. Diakses tanggal 10 April 2023. 
  11. ^ 丽江 - 气象数据 -中国天气网 (dalam bahasa Tionghoa). Weather China. Diakses tanggal 26 November 2022. 
  12. ^ "Top 4 lakes in Yunnan". www.chinaexploration.com. Diakses tanggal 2024-05-17. 
  13. ^ "Lashihai Lake: A Haven for Wildlife and Natural Beauty | Colorful Yunnan". www.visityunnanchina.com. Diakses tanggal 2024-05-17. 
  14. ^ "List of Ramsar Wetlands of International Importance", Wikipedia (dalam bahasa Inggris), 2024-04-14, diakses tanggal 2024-05-17 
  15. ^ Kehui, L. I. U.; Guangluan, L. I.; Chunming, L. I.; Keyi, Zhao; Ningning, Zhang; Jieyi, X. U. E.; Yi, L. I.; Fangming, Y. U.; Min, Duan (2022-02-18). "A Review of Research on Lijiang Ecological Environment Based on Bibliometric and Knowledge Mapping Analysis Over the Past Four Decades". Ecology and Environment (dalam bahasa Inggris). 31 (2): 409. doi:10.16258/j.cnki.1674-5906.2022.02.022. ISSN 1674-5906. 
  16. ^ "Local". news.cop15-china.com.cn. Diakses tanggal 2024-05-17. 
  17. ^ Qian, Li-Shen; Chen, Jia-Hui; Deng, Tao; Sun, Hang (2020-08-01). "Plant diversity in Yunnan: Current status and future directions". Plant Diversity. Safeguarding Our Future by Protecting Biodiversity. 42 (4): 281–291. doi:10.1016/j.pld.2020.07.006. ISSN 2468-2659. PMC 7567762alt=Dapat diakses gratis. 
  18. ^ Yunnan Provincial Census Office, Yunnan Provincial Bureau of Statistics (September 2012). "Yunnan Provincial Census Data in 2010". China Statistics Press. ISBN 978-7-5037-6548-3. 
  19. ^ 丽江少数民族-云南省丽江市中级人民法院. ljzy.chinacourt.gov.cn. Diakses tanggal May 22, 2019. [pranala nonaktif permanen]
  20. ^ 丽江不可错过的十大特色小吃_新浪旅游_新浪网. travel.sina.com.cn. Jul 13, 2017. Diakses tanggal May 22, 2019. 
  21. ^ 沿途设5座车站、最高时速70公里...丽江有轨电车开建!. The Paper. 2019-10-31. 
  22. ^ 6月 我爱的丽江古城 每一个触目能及的地方都盛放着三角梅_旅游景点_丽江旅游_丽江网. www.lijiang.cn. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 30, 2019. Diakses tanggal May 22, 2019. 
  23. ^ 泸沽湖啊,我想与你谈一场恋爱~_旅游景点_丽江旅游_丽江网. www.lijiang.cn. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 6, 2018. Diakses tanggal May 22, 2019. 
  24. ^ 玉龙雪山. 52yulong.com. 
  25. ^ 世界自然遗产丽江老君山:重山叠岭气势恢宏_旅游景点_丽江旅游_丽江网. www.lijiang.cn. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 20, 2018. Diakses tanggal May 22, 2019. 
  26. ^ "Home". Lijiang Teachers College. Diakses tanggal 2022-04-22. 校址:云南省丽江市古城新团片区 邮编:674199 
  27. ^ "Home". Lijiang Culture and Tourism College. Diakses tanggal 2022-04-22. 学院地址:云南省丽江市古城区玉泉路1号 邮编:674199 
  28. ^ "学院简介". Lijiang Culture and Tourism College. Diakses tanggal 2022-04-22. 丽江文化旅游学院(原云南大学旅游文化学院)[...] 
  29. ^ "Historic Perspectives". Yunnan University. 2004-06-23. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 June 2004. Diakses tanggal 2022-04-23. 
  30. ^ Successful use of heritage is the pledge of prosperous future of Euro-Asia Cities (DOC file). II International Conference of World Heritage Cities of Euro-Asia. Lijiang. 15–18 October 2006 Diarsipkan February 26, 2009, di Wayback Machine.
  31. ^ 刘蓉 (2012-05-01). 丽江市与柬埔寨柏威夏省缔结为国际友好城市 [Lijiang establish international friendly city with Preah Vihear Province of Cambodia]. yndaily.yunnan.cn. Yunnan Daily Newspaper. Diakses tanggal 2018-05-14.