Kamen Rider Build The Movie: Be the One

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kamen Rider Build The Movie: Be the One
Nama lain
Jepang劇場版 仮面ライダービルド Be The One
HepburnKamen Rider Build The Movie: Be the One
SutradaraKazuya Kamihoriuchi
Ditulis olehShogo Muto
Berdasarkan
Kamen Rider Build
oleh Shogo Muto
Pemeran
Perusahaan
produksi
DistributorToei Company
Tanggal rilis
  • 4 Agustus 2018 (2018-08-04)
Durasi66 menit
NegaraJepang
BahasaBahasa Jepang

Kamen Rider Build the Movie: Be the One (劇場版 仮面ライダービルド Be The One, Gekijōban Kamen Raidā Birudo Bī Za Wan) adalah film Jepang bertajuk superhero dari Serial Kamen Rider yang tayang di musim 2017-2018 yaitu Kamen Rider Build. Film ini mengambil plot antara episode 45 dan 46 dari serial TV utamanya dan menghadirkan debut dari tokoh protagonis dari serial Kamen Rider berikutnya yaitu Kamen Rider Zi-O. Film ini dirilis secara nasional di Jepang pada tanggal 4 Agustus 2018 bersamaan dengan film dari Super Sentai yang juga tayang dalam musim yang sama yaitu Kaitou Sentai Lupinranger VS Keisatsu Sentai Patranger en Film.

Plot[sunting | sunting sumber]

Setelah berakhirnya perang saudara yang menghancurkan Jepang, Kengo Inō, Ryōka Saiga, dan Mitsuomi Gōbara, gubernur baru masing-masing wilayah Touto, Hokuto, dan Seito mengungkapkan rencana untuk menyatukan kembali negara, tetapi juga menyatakan bahwa Kamen Rider Build adalah ancaman dan harus diburu. Inō kemudian mencuci otak warga Touto dan mengirim mereka kepada Sento. Bahkan teman-teman dekatnya yaitu Misora dan Sawa diubah menjadi musuh, Sento melarikan diri dari gerombolan warga yang mengejarnya. Kazumi dan Gentoku berusaha melindunginya, tetapi keduanya ditangkap oleh Saiga, sementara Ryuga diserang oleh Gōbara dan Inō, yang kemudian mencuci otaknya juga. Setelah melarikan diri, Sento menyelidiki dan menemukan bahwa Inō, Saiga dan Gōbara adalah bagian dari kru astronaut dari Souichi yang mengambil Kotak Pandora dari Mars, dan menyadari bahwa mereka dirasuki oleh monster alien seperti Souichi yang dirasuki oleh Evolto, tetapi segera setelah itu, Inō muncul dan mengirim Ryuga yang dicuci otak untuk melawan Sento, mencuri Hazard Trigger darinya setelah ia dikalahkan, tetapi Evolto tampaknya menghentikan Inō yang berupaya membunuh Sento dan melarikan diri bersamanya.

Setelah berada di tempat yang aman, Evolto mengungkapkan kepada Sento bahwa Inō sekarang memiliki semua peralatan yang diperlukan untuk menghancurkan Bumi kecuali Kotak Pandora. Setelah kehilangan semua harapan, Sento menemukan kembali semangat dalam dirinya setelah mengingat kata-kata ayahnya tentang bagaimana ia harus bekerja sama dengan Ryuga untuk menyelamatkan planet bumi. Ia kemudian dihubungi oleh Inō yang memintanya untuk menyerahkan Kotak Pandora. Pada hari berikutnya, Sento membawa Kotak Pandora kepada sang gubernur, tetapi bukannya melepaskan Ryuga seperti yang dijanjikan, Inō menggunakan Hazard Trigger untuk menggabungkan dirinya dengan Ryuga serta dua gubernur lainnya untuk berubah menjadi Kamen Rider Blood. Meskipun menggunakan Fullbottle Genius, Build dikalahkan oleh Blood, tetapi dalam upaya terakhir, ia menggunakan Fullbottle Rabbit untuk mengekstraksi Ryuga dari tubuh Blood dan berhasil mengembalikannya. Merespon hal tersebut, Blood mengaktifkan Hazard Trigger yang dikombinasikan dengan Kotak Pandora dan mulai menciptakan lubang besar sampai ke pusat Bumi untuk menghancurkannya.

Gōbara dan Saiga berupaya untuk menghentikan Build yang mencoba mengejar Blood, tetapi Gentoku dan Kazumi, yang diselamatkan dari penjara oleh Utsumi, tampaknya menghadapi mereka, sementara dengan menggunakan kekuatannya, Vernage membuat Misora dan Sawa sadar kembali dari pengaruh cuci otak dan sementara waktu memadukan Fullbottle Rabbit, Dragon, dan Genius menjadi sebuah Fullbottle baru yaitu Cross-ZBuild Can, yang digunakan Sento untuk menggabungkan dirinya dengan Ryuga untuk menjadi satu wujud Kamen Rider baru yaitu Kamen Rider Cross-ZBuild. Sementara Grease dan Rogue berhasil menghancurkan lawan mereka, Build mengejar Blood dan juga berhasil menghancurkannya, mengembalikan warga Touto menjadi normal dan Evolto bersukacita karena niatnya selama ini adalah menggunakan para Kamen Rider untuk menghukum alien lain karena mereka mengkhianatinya. Setelah pertempuran, teman-teman Sento kecewa bahwa meskipun upaya mereka, para Kamen Rider masih dipandang oleh sebagian besar warga sebagai ancaman, tetapi mereka memiliki sedikit kenyamanan ketika seorang anak dan kakak perempuannya yang diselamatkan sebelumnya oleh Build tampak berterima kasih padanya.

Setelah kredit titel (film selesai), tampak adegan Sento yang terlihat sedang bekerja pada Panel putih Kotak Pandora ketika sebuah gerbang tiba-tiba terbuka di depannya, menyeretnya ke lokasi yang tidak diketahui di mana ia melihat berbagai Kamen Rider melawan musuh masing-masing, sampai Kamen Rider Zi-O muncul di hadapannya dan melengkapi Armor Build. Setelah mengalahkan semua Rider dengan mudah, Zi-O memperkenalkan dirinya kepada Sento, mengklaim dirinya sebagai Raja Iblis yang memilik semua kekuatan dari para Kamen Rider.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter Para Pemeran Kamen Rider Build[sunting | sunting sumber]

Bangsa Blood[sunting | sunting sumber]

Bangsa Blood (ブラッド族, Buraddo Zoku) adalah bangsa misterius yang disinyalir berasal dari dunia lain, di mana mereka menghancurkan peradaban dari planet Mars dan beberapa planet lain sebelumnya. Selama ekspedisi Mars oleh para astronaut Bumi dari Jepang, empat astronaut yang dikirim ke planet ini dirasuki oleh beberapa makhluk dari Bangsa Blood. Sementara Evolto yang menjadi tokoh antagonis utama dalam serial merasuki Souichi Isurugi, tiga anggota lain dari Bangsa Blood yang merasuki tiga rekan astronaut Souichi lainnya mendukung Evolto dari balik layar sebelum mereka akhirnya muncul dalam peristiwa di film ini. Masing-masing memiliki Lost Fullottle, tiga anggota Bangsa Blood yang telah disebutkan tadi memperkenalkan diri mereka sebagai Perdana Menteri dari tiga wilayah Jepang pasca perang sipil Jepang saat Bencana Skywall untuk menjalankan plot mereka untuk menghancurkan Bumi seperti yang mereka lakukan ke banyak dunia lain sebelumnya.

Berikut tiga anggota Bangsa Blood lainnya di luar serial TV (Evolto) yang akan dijelaskan dalam artikel ini sesuai dengan peran mereka di film ini.

Kengo Inō[sunting | sunting sumber]

Kengo Inō (伊能 賢剛, Inō Kengo)/ Kamen Rider Blood (仮面ライダーブラッド, Kamen Raidā Buraddo) adalah wakil dari Evolto yang bertugas sebagai penasihat Perdana Menteri Seito sebelumnya yaitu Masakuni Midou sebelum menjadi gubernur wilayah Touto dalam plot film ini, setelah perang saudara Jepang berakhir. Ia kemudian berusaha untuk melaksanakan rencana awal Bangsa Blood untuk menghancurkan Bumi. Sebagai bagian dari Rencana Menghancurkan Build, Inō mencuci otak sebagian besar penduduk Jepang untuk melawan Sento, termasuk Ryuga yang ia jadikan agen pribadinya. Inō akhirnya menghadapi Sento sebagai Kamen Rider Blood dan berhasil mendominasi melawan Build Genius Form sebelum dikalahkan oleh wujud gabungan antara Sento (Build) dan Ryuga (Cross-Z), Kamen Rider Cross-ZBuild.

Memiliki Lost Fullbottle Cobra, Inō menggunakan Build Driver milik Ryuga dan Great Cross-Z Dragon, yang digabungkan dengan Hazard Trigger yang berhasil ia ambil dari Sento untuk berubah menjadi Kamen Rider Blood (仮面ライダーブラッド, Kamen Raidā Buraddo). Wujud ini membutuhkan penyerapan anggota Bangsa Blood lainnya yang berada di dekatnya, Scissors Lost Smash, Zebra Lost Smash, dan Ryuga yang dicuci otak, tetapi juga dapat beroperasi secara independen. Wujud ini menyaingi kekuatan wujud Build Genius dan dapat memanggil proyeksi energi kobra sebagai bala bantuan layaknya Blood Stalk.

Mitsuomi Gōbara[sunting | sunting sumber]

Mitsuomi Gōbara (郷原 光臣, Gōbara Mitsuomi) adalah anggota Bangsa Blood yang sebelumnya merupakan penasehat Perdana Menteri Hokuto yaitu Yoshiko Tajimi, yang kemudian diangkat menjadi gubernur wilayah Seito. Ia dapat berubah menjadi Zebra Lost Smash (ゼブラロストスマッシュ, Zebura Rosuto Sumasshu) dengan menggunakan Lost Fullbottle Shimauma (シマウマ, Shimauma, Zebra). Ia akhirnya dikalahkan dan dihancurkan oleh Kamen Rider Grease setelah sebelumnya menang saat pertemuan pertama.

Ryōka Saiga[sunting | sunting sumber]

Ryōka Saiga (才賀 涼香, Saiga Ryōka) adalah anggota wanita dari Bangsa Blood yang sebelumnya merupakan asisten Perdana Menteri Touto yaitu Taizan Himuro, yang kemudian diangkat menjadi gubernur wilayah Hokuto. Ia dapat berubah menjadi Scissors Lost Smash (シザーズロストスマッシュ, Shizāzu Rosuto Sumasshu) dengan menggunakan Lost Fullbottle Hasami (ハサミ, Hasami, Gunting). Ia dikalahkan dan dihancurkan oleh Kamen Rider Rogue setelah sebelumnya menang saat pertemuan pertama.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Sento Kiryū (桐生 戦兎, Kiryū Sento): Atsuhiro Inukai (犬飼 貴丈, Inukai Atsuhiro)
  • Ryūga Banjō (万丈 龍我, Banjō Ryūga): Eiji Akaso (赤楚 衛二, Akaso Eiji)
  • Misora Isurugi (石動 美空, Isurugi Misora): Kaho Takada (高田 夏帆, Takada Kaho)
  • Kazumi Sawatari (猿渡 一海, Sawatari Kazumi): Kouhei Takeda (武田 航平, Takeda Kōhei)
  • Nariaki Utsumi (内海 成彰, Utsumi Nariaki): Yuki Ochi (越智 友己, Ochi Yūki)
  • Shinobu Katsuragi (葛城 忍, Katsuragi Shinobu): Zyouzi Kokubo (小久保 丈二, Kokubo Jōji)
  • Takumi Katsuragi (葛城 巧, Katsuragi Takumi): Yukiaki Kiyama (木山 廉彬, Kiyama Yukiaki)
  • Mitsuomi Gōbara (郷原 光臣, Gōbara Mitsuomi): Takashi Fujii (藤井 隆, Fujii Takashi)
  • Ryōka Saiga (才賀 涼香, Saiga Ryōka): Rena Matsui (松井 玲奈, Matsui Rena)
  • Yū Maihara (舞原 由宇, Maihara Yū): Koharu (呼春)
  • Arata Maihara (舞原 新汰, Maihara Arata): Shouki Tsuru (鶴 翔麒, Tsuru Shōki)
  • Warga: Shiihashi Justaway (しいはし ジャスタウェイ, Shiihashi Jasutawei)
  • Pembawa berita: Saemi Ikeda (池田 沙絵美, Ikeda Saemi)
  • Reporter cuaca: Airi Yoshida (吉田 愛梨, Yoshida Airi)
  • Reporter: Asami Uchimura (内村 麻美, Uchimura Asami)
  • Sawa Takigawa (滝川 紗羽, Takigawa Sawa): Yukari Taki (滝 裕可里, Taki Yukari)
  • Gentoku Himuro (氷室 幻徳, Himuro Gentoku): Kensei Mikami (水上 剣星, Mikami Kensei)
  • Souichi Isurugi (石動 惣一, Isurugi Sōichi): Yasuyuki Maekawa (前川 泰之, Maekawa Yasuyuki)
  • Kengo Inō (伊能 賢剛, Inō Kengo): Masanobu Katsumura (勝村 政信, Katsumura Masanobu)
  • Evolto (エボルト, Eboruto, Suara), Evol Driver: Tetsuo Kanao (金尾 哲夫, Kanao Tetsuo)
  • Vernage (ベルナージュ, Berunāju, Suara): Sora Amamiya (雨宮 天, Amamiya Sora)
  • Kamen Rider Zi-O (仮面ライダージオウ, Kamen Raidā Jiō, Suara): So Okuno (奥野 壮, Okuno Sō)
  • Build Driver (Suara): Katsuya Kobayashi (小林 克也, Kobayashi Katsuya)
  • Sclash Driver, Crocodile Crack Fullbottle, Cross-Z Magma Knuckle, and Great Cross-Z Dragon (Suara): Norio Wakamoto (若本 規夫, Wakamoto Norio)
  • Perlengkapan Ziku-Driver (Suara): Rikiya Koyama (小山 力也, Koyama Rikiya), Yohei Onishi (大西 洋平, Ōnishi Yōhei)

Lagu Tema[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "仮面ライダービルド on Twitter". Twitter. Diakses tanggal 13 Juni 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]