Injil Dua Belas Rasul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Origenes memasukkan Injil Dua Belas Rasul dalam daftarnya

Injil Dua Belas Rasul (bahasa Inggris: Gospel of the Twelve; bahasa Yunani: τους Δώδεκα Ευαγγελιον), kemungkinan juga dirujuk sebagai "Injil Para Rasul" (Gospel of the Apostles), adalah suatu kitab Injil terhilang yang disebutkan oleh Origenes dalam Homilies in Luke di dalam daftar karya-karya ajaran sesat.

Kaitan[sunting | sunting sumber]

Edisi standar Schneemelcher, New Testament Apocrypha, menyatakan bahwa Hieronimus secara keliru mengidentifikasi "Injiol Dua Belas Rasul", yang dirujuknya sebagai "Injil menurut para Rasul" (Gospel according to the Apostles), dengan Injil orang Ibrani (Dial. adv. Pelag. III 2), sedangkan Origenes jelas membedakan keduanya (Homilies in Luke 1.1). Ambrosius dan Bede rupanya juga merujuknya. Diduga ada hubungan antara Injil yang jarang dikenal ini dengan Injil orang Ebionit.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ New Testament Apocrypha. John Knox Press, Wilhelm Schneemelcher and Robert McLachlan Wilson eds. 2003. ISBN 0-664-22721-X. , p.166 - "Berbeda dengan Hieronimus, ... Origenes jelas membedakan antara GH (Injil orang Ibrani) dan Injil Dua Belas Rasul", p.374 - "atas dasar perikop penafsiran yang keliru dalam Hieronimus (Dial. adv. Pelag. III 2) suatu upaya yang gagal telah dilakukan untuk mengkaitkan Injil Dua Belas Rasul dengan Injil orang Ibrani, tetapi mayoritas kritikus sekarang cenderung untuk mengidentifikasikannya dengan Injil orang Ebioni", cf. Vol 2 Writings relating to the Apostles 2003 p17 "Dalam sastra gnostik dan Manikhean ada rujukan kepada Injil Dua Belas Rasul (cf. vol. I, pp.374ff.), di mana judulnya jelas dimaksudkan untuk menggarisbawahi isi wahyu yang komprehensif"