Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi, Sukasari Bogor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi

Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi
Nama Gereja: Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi
Keuskupan: Sufragan Bogor
Alamat: Jl. Siliwangi No.50, Kel. Bondongan, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat 16131
Romo Paroki: RD. Yustinus Dwi Karyanto
Berdiri: 1963
Website: https://parokisukasari.org/

Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi, Sukasari Bogor adalah sebuah gereja Katolik di Keuskupan Bogor. Beralamat di Jl. Siliwangi No.50, RT.01/RW.13, Bondongan, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat 16131.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Komplek Gereja Fransiskus Asisi Bogor tadinya adalah peninggalan almarhum Bp. Hoo Tian Hoei. Peninggalannya berupa tanah seluas 11.231 meter persegi. Di atas tanah tersebut telah berdiri bangunan sekolah yang bernama Cheng Chung/Chinese Methodis School, yang di kelola oleh Badan Pengurus Hua Chiua Yoen. Kemudian sekolah ini berganti nama menjadi Sekolah Nasional yang berada di bawah Badan Pengurus Nasional.[1]

Di atas tanah tersebut terdapat dua buah bangunan gedung tua yang berukuaran besar dan kecil dengan gaya Arsitektur Belanda. Gedung itu dahulu kosongdan hanya di pergunakan untuk tempat pertemuan dan tempat menyimpan karet mentah, karena di belakang gedung tersebut terdapat perkebunan karet.

Pada tanggal 27 Oktober 1958, Pastor Rd. Mas C.S. Tjiptokusumo Pr, yang bertindak sebagai kuasa dari Yayasan Bakti mengajukan permohonan kepada Menteri Agraria di Bandung melalui Kepala Inspeksi Agraria Bandung untuk pemindahan hak atas lahan tersebut, dari almarhum Bp. Hoo Tian Hoei kepada Pastor Rd. Mas C.S Tjiptokusumo Pr yang bertindak untuk dan atas nama Misi Katolik Bogor.

Setelah mendapat persetujuan dari Badan Pengurus Hua Chiua Yuen She (Tjoa Koen Tian ), Badan Pengurus Sekolah Nasional (Oey Tjin Bie), Kepala Kantor Inspeksi Sekolah Rakyat Kabupaten/Kotapraja Bogor (RE. Hidajat), dan Kepala Kantor Urusan Perumahan Daerah Swatantra Tingkat I Jawa Barat (R. Sjarief Soerjanatamihardja), maka pada tanggal 13 Oktober 1959 di tanda tanganilah Surat Perjanjian Jual Beli antara pihak penjual Ny. Thung Liong Oen-Hoo Goat Hiang dengan pihak pembeli atas nama Mgr. Dr. N. Geise OFM.

Era Baru sebagai Paroki[sunting | sunting sumber]

Setelah Sekolah Nasional di bubarkan, gedungnya di pakai oleh Keuskupan untuk Seminari. Namun tak berlangsung lama, karena pada tanggal 1 Agustus 1963, Seminari dipindah lagi ke gedung Vincentius di jalan Kapten Muslihat 22 (kompleks Katedral). Gedung eks sekolah ini kemudian sedikit demi sedikit diperbaiki agar layak di jadikan tempat ibadah.

Tahun 1963 adalah tahun bersejarah, karena sejak saat itu, Sukasari telah menjadi Paroki tersendiri, lepas dari Paroki Katedral. Dalam buku baptis tercatat bahwa umat pertama yang di baptis sebagai warga paroki baru ini adalah Paulus Ang Sui Hou, yang lahir tanggal 2 Agustus 1963 dan di baptis 5 Agustus 1963 di Kapel Susteran Bondongan. Almarhum Pater Kohler OFM, yang sejak 1962 diserahi reksa pastoral daerah sukasari, resmi menjadi pastor Paroki pertama. Setelah 5 tahun mengembalakan umat sukasari, tahun 1967 ia kembali ke negeri Belanda dan menetap disana sampai meninggal pada tahun 1976 dalam usia 67 tahun. Tahun-tahun pertama ini ditandai oleh pertambahan umat yang cukup pesat. Pater Bonaventura Satuan OFM turut mendampingi Pater Kohler, sebelum ditugaskan ke Flores.

Pater van Genuchten OFM di tunjuk sebagai Pastor Paroki ke dua. Ia dibantu oleh P. Vincenthe Kunrath OFM. Mereka tidak lama bertugas disini setelah perpindahan ke dua gembala ini, sukasari mengalami kekosongan tenaga. Pater A.J.H. Schellart SMM, seorang Pastor tamu dari Kalimantan yang untuk sementara waktu tinggal di Bondongan, membantu pelayanan umat Sukasari. Kekosongan ini kemudian di isi untuk sementara oleh P. EJ Rijper OFM, sampai di tugaskannya P. Felix Bos OFM dari Cicurug untuk melayani Sukasari. Ia di Bantu oleh P. Alex Lanur OFM dan beberapa bruder dari Cicurug.

Akhir 1970 Pater Felix Bos meninggal di Cicurug, 8 bulan setelah bertugas di Sukasari. P. Alex Lanur pun berpindah tugas. Maka kini Sukasari kembali mengalami kekosongan Pastor. Awal 1971, Pater Jan Pruim OFM di tugaskan menjadi Pastor Paroki Sukasari. Setahun kemudian ia dibantu oleh Yohanes Ma’mun Muchtar OFM, imam muda yang merupakan putra sunda pertama dan satu-satunya dari Keuskupan Bogor pada waktu itu yang menjadi Pastor. Pater Ma’mun hanya setahun bertugas di Sukasari karena kemudian ia di tugas/belajarkan keluar negeri oleh pimpinan Fransiskan. Pada bulan Oktober 1974, Pater Rijper yang sebelumnya menjabat Pastor Paroki Katedral kembali menjadi Pastor Paroki Sukasari.

Para Imam yang pernah berkarya di Paroki Sukasari[sunting | sunting sumber]

  1. Pastor Paroki I: W. Kohler OFM (1959 – Desember 1967), beserta: C.J.V.D. Berg OFM, A. Schellart SMM; H.V. Frans Genucten OFM, Dr. Y. Wijbrands OFM, Alex Lanur OFM: Pembimbing seminari sampai dengan bulan Juni 1964.
  2. Pastor Paroki II: H.V. Frans Genuchten OFM (Januari 1968 – Juli 1969), beserta: A. Schellart SMM, Felix Bos OFM.
  3. Pastor Paroki III: E.J. Rijper OFM (Agustus 1969- Desember 1970), berserta: A. Schellart SMM, Felix Bos OFM.
  4. Pastor Paroki IV: P.G.M. Pruim OFM (Januari1971- Oktober 1974), beserta: Y. Ma’mun Mochtar OFM, A. Brotowiratmo Pr.
  5. Pastor Paroki V: E.J. Rijper OFM (Oktober 1974- Oktober 1982), beserta: Y. Ma’mun Mochtar OFM, A. Brotowiratmo Pr. B. Sudjarwo Pr. Hardjono Pr, J.M.W. Demmers OFM Biancheti.
  6. Pastor Paroki VI: Yustinus Semium OFM (Oktober 1982- Oktber 1993), beserta: J.M.W. Demmers OFM, N.S. Dartosuratno OFM, Agustinus Surianto Pr, Cornelius Keyrans OFM, Ridwan Amo Pr, St. Kostka Pujiantoro Pr, T. Suyoto Pr.
  7. Pastor Paroki VII: Mgr. V. Kartosiswoyo Pr (Oktober 1993- Juli 1995), beserta: T. Suyoto Pr, Y. Hardono Pr, J.M.W. Demmers OFM, St. Kostika Pujiantoro Pr.
  8. Pastor Paroki VIII: B. Sudjarwo Pr, (Juli 1995 – 1999), beserta: J.M.W. Demmers OFM (+ 26 Nopmeber 1996), T. Suyoto Pr, Hardono Pr, H. Y. Sudarto Pr, Y. Dwi Karyanto Pr, Christophorus Lamen Sani Pr, Alfonsus Sutarno Pr.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]