Date A Live (musim 5)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Date A Live V
Musim 5
Visual utama anime musim kelima
Jml. episode1
Rilis
Jaringan asliAT-X
Tanggal disiarkan10 April 2024 (2024-04-10)
Kronologi Musim
← Sebelumnya
Date A Live IV

Musim kelima dari seri anime Date A Live, berjudul Date A Live V (デート・ア・ライブV, Dēto A Raibu V), diproduksi oleh Geek Toys dan disutradarai oleh Jun Nakagawa. Seperti seri lainnya, seri ini mengikuti petualangan Shido Itsuka. Musim ini tayang perdana pada 10 April 2024.[1] Lagu pembuka berjudul "Paradoxes" yang dibawakan oleh Miyu Tomita, dan lagu penutup berjudul "Hitohira" yang dibawakan oleh sweetARMS.[2]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

CeritaEpisodeJudulSutradara [a]Penulis skenario [a]Papan cerita oleh [a]Tanggal tayang asli [3]Ref.
471"Beginnings of War"
Transkripsi: "Kaisen no Noroshi" (Jepang: 開戦の狼煙)
Jirō ArimotoFumihiko ShimoYasuto Nishikata10 April 2024 (2024-04-10)TBA

Setelah menjebak Phantom untuk sementara waktu di dunia bayangan, Kurumi dan pasukan kloningannya bersiap untuk berperang dengan DEM. Di saat yang sama, Westcott dan pasukannya menyadari bahwa Kurumi telah mengganggu rencana mereka untuk membunuh Shido, sehingga mereka bersiap untuk membunuhnya dan Shido pada saat yang bersamaan.

Sementara itu, Shido telah menceritakan semua yang dia pelajari dari Kurumi kepada para Spirit dan Ratatoskr. Sekutu Shido setuju bahwa, apa pun yang terjadi, mereka tidak bisa begitu saja menyerahkan kekuatan Spirit Shido karena mereka tidak tahu apakah Kurumi mampu mengalahkan Spirit of Origin dengan kekuatan itu. Mukuro menyarankan untuk menggunakan Michael untuk membuka ingatan Shido tentang Spirit of Origin, tetapi dia tidak dapat mengingat apa pun selain penglihatan kecil Phantom dan upaya itu menyebabkan dia pingsan. Ketika dia terbangun, dia dan Kotori setuju untuk tidak menggunakan Michael pada Mana, karena mereka khawatir dia akan mengingat trauma masa lalunya ketika dia bereksperimen dengan DEM, seperti yang terjadi pada Nia. Keesokan harinya, salah satu kloning Kurumi, yang bertindak secara independen dari tuannya, memberi tahu Shido dan Kotori bahwa DEM merencanakan serangan besar-besaran terhadap Ratatoskr. Akibatnya, Kotori menyarankan agar mereka menghadapi DEM secara langsung, sebuah rencana yang juga disetujui oleh Woodman, dan Nia menyarankan agar apa pun yang mereka rencanakan dirahasiakan, jangan sampai Westcott mengetahuinya melalui Beelzebub.

Kloningan Kurumi yang independen kembali ke Kurumi asli, berharap untuk dieksekusi karena ketidaktaatannya, tetapi Kurumi asli malah mengizinkannya untuk hidup, karena dia sendiri melanjutkan persiapannya untuk perang. Sementara itu, Origami dan Mana pergi ke markas AST, di mana mereka memberi tahu Kapten Kusakabe, Mikie dan Mildred tentang keberadaan Ratatoskr dan meminta mereka untuk tidak mematuhi perintah DEM saat pertempuran dimulai. Sayangnya, Kusakabe memutuskan untuk mengikuti atasannya, meskipun itu berarti melawan Origami, yang memintanya untuk tetap berada di belakang selama pertarungan dan bahkan mengungkapkan dirinya sebagai Spirit.
482"Final Respite"
Transkripsi: "Saigo no Kyūsoku" (Jepang: 最後の休息)
Masahiko WatanabeFumihiko ShimoHiroshi Matsuzono17 April 2024 (2024-04-17)TBA

Para Spirit menyiapkan makanan ringan untuk Shido dan satu sama lain saat mereka mempersiapkan diri untuk pertempuran yang akan datang untuk DEM. Sebagai bentuk persiapan mental, mereka sengaja memasak makanan mereka dengan bahan-bahan yang tidak mereka sukai, sehingga mereka berjuang untuk memakan makanan mereka sendiri. Malam harinya, Tohka berbicara dengan Shido tentang perasaannya terhadap Kurumi dan dia mengakui bahwa dia merasa tidak aman dengan caranya menyelamatkan Kurumi. Jika mereka mencegahnya menghadapi Spirit of Origin, dia mungkin akan kehilangan satu-satunya kesempatan untuk menyelamatkan teman-temannya. Tohka mengakui bahwa ia merasa bersalah atas semua bahaya yang harus dihadapi Shido demi para Spirit dan mengakui bahwa ia merasa mungkin akan lebih baik jika mereka tidak pernah bertemu Shido sama sekali jika hal itu berarti menghindarkan Shido dari semua kesulitan tersebut. Namun, Shido mengatakan bahwa dia senang telah bertemu dengan para arwah dan menjadikan mereka bagian dari hidupnya.

Keesokan harinya, Ratatoskr berhadapan dengan armada DEM di langit di atas Kota Tengu, dengan penduduk yang berlindung di tempat penampungan bawah tanah setelah mendapat peringatan akan adanya gempa bumi. Untuk meningkatkan peluang kemenangan mereka, Kotori meminta agar para Spirit ikut serta dalam pertempuran, sementara Origami dan Mana menyimpulkan bahwa Realizer DEM telah diprogram untuk melakukan sinkronisasi dengan aktivitas otak Artemisia Ashcroft, salah satu penyihir terbaik DEM, sehingga jika mereka menangkapnya, mereka dapat menemukan cara untuk mematikannya. MARIA, AI “Fraxinus”, juga percaya bahwa Shido dapat menetralisir pasukan Nibelcolle, namun untuk itu, ia harus berada di garis depan, sebuah keputusan yang disetujui oleh Shido.

Kapal utama DEM, dengan Westcott dan Ellen di dalamnya, mengerahkan kontingen unit Bandersnatch untuk melawan Fraxinus, hanya untuk diserang oleh klon Kurumi.
493"The Spirit's Resurrection"
Transkripsi: "Seirei no Fukkatsu" (Jepang: 精霊の復活)
Jun NakagawaFumihiko ShimoTakashi Sano24 April 2024 (2024-04-24)TBA

Saat pertempuran berlangsung, para Spirit menyebar ke medan perang, tepat ketika AST tiba dan diperintahkan oleh DEM untuk mendukung pasukan mereka. Yoshino dan Mukuro melindungi Kusakabe dan pasukannya yang akan terkena serangan senjata DEM, dan Kusakabe menyadari bahwa DEM berencana menggunakan mereka sebagai umpan meriam. AST membelot ke pihak Ratatoskr, menyenangkan Origami dan Mana.

Ellen dan Artemisia memasuki pertempuran dan Woodman ingin mencegat mereka, meskipun itu berarti membahayakan nyawanya sendiri. Dalam upaya untuk menghentikannya, Karen, asistennya, mengakui bahwa dia jatuh cinta padanya dan menyarankan agar mereka melarikan diri dari pertempuran dan memulai sebuah keluarga di tempat lain. Woodman dengan sopan menolaknya dan mengaktifkan unit Realizer pribadinya, yang membalikkan usianya dan membuatnya kembali menjadi dewasa, sehingga ia dapat bertarung melawan Ellen secara seimbang. Mukuro menggunakan Michael pada Artemisia dan membatalkan pencucian otaknya.

Tohka, Kaguya dan Yuzuru mengalihkan perhatian pasukan Nibelcolle cukup lama hingga Shido tiba di medan perang dan menjalankan rencana MARIA untuk menghentikan mereka. Dia mulai menunjukkan kasih sayang kepada para Nibelcolles, seperti meniupkan ciuman kepada mereka dan bahkan mencium mereka. Para Nibelcolles, yang diliputi emosi, berubah menjadi potongan-potongan kertas yang tidak berbahaya. MARIA berteori bahwa, karena mereka diciptakan dari emosi Nia, mereka harus berperilaku persis seperti orang normal.

Shido akhirnya bertemu kembali dengan Kurumi, yang masih ingin menyerap kekuatan spirit Shido, sehingga ia dapat menghancurkan Spirit of Origin dan mencegah terciptanya para Spirit sejak awal, namun Shido tidak ingin hal itu terjadi, karena itu berarti Shido tidak akan pernah bertemu dengan para Spirit, termasuk Kurumi. Dia mengusulkan agar dia menghadapi Spirit of Origin di tempat Kurumi dan menulis ulang sejarah untuk memastikan masa depan yang bahagia bagi semua orang. Klon independen Kurumi mengorbankan dirinya sendiri agar tuannya dan Shido dapat mengalahkan semua Nibelcolles, tetapi tiba-tiba, Mio Takamiya, Spirit of Origin, muncul dari dada Kurumi, melukainya dengan parah dalam prosesnya.
504"The Spirit of Origin"
Transkripsi: "Shigen no Seirei" (Jepang: 始原の精霊)
Shōgo HanagamiFumihiko ShimoIkuo Morimoto1 Mei 2024 (2024-05-01)TBA

30 tahun yang lalu, Spirit of Origin muncul di Kota Tenguu dan bertemu dengan Shinji Takamiya, yang kemudian membawanya ke rumahnya. Di sana, dia menjelaskan situasinya kepada saudara perempuannya, Mana, yang setuju untuk membiarkan Spirit tersebut tinggal, dan Shinji menamainya “Mio Takamiya”. Mio tidak memiliki ingatan tentang siapa dia atau dari mana asalnya, tetapi dia dengan cepat belajar bagaimana berkomunikasi dan keluarga Takamiya menerimanya sebagai bagian dari keluarga mereka.

Shinji dan Mio menghabiskan banyak waktu bersama dan saling jatuh cinta. Setelah memenangkan boneka beruang dalam permainan derek untuk Mio, Shinji mengumpulkan keberanian untuk mengajaknya berkencan dan Mio menerimanya meskipun dia tidak tahu apa itu kencan, jadi Mana menelepon temannya Haruko Homura (calon ibu Kotori) untuk meminta bantuan dalam mempersiapkan kencannya.

Kencan dimulai keesokan harinya, dengan Shinji mengajak Mio berjalan-jalan di pantai. Namun, pada sore hari, Shinji dan Mio dikejar oleh anak buah Westcott, yang berusaha menangkap Mio. Seorang pemuda Woodman, yang melihat bahwa Mio senang dengan Shinji, membantu mereka melarikan diri, tetapi Westcott mengungkapkan bahwa dia telah menangkap Mana dan dia hanya akan melepaskannya jika Mio ikut dengannya. Mio bersedia untuk pergi bersama Westcott, namun Shinji menolak untuk mempercayai Westcott dan mencoba melarikan diri bersama Mio, namun Westcott membunuhnya dengan pistol. Dengan ngeri, Mio menyebabkan gempa spasial yang menghancurkan sebagian kecil kota, tetapi Westcott melarikan diri dengan mantra teleportasi. Dia kemudian menyerap tubuh Shinji yang tidak bernyawa ke dalam tubuhnya, berjanji untuk menciptakannya kembali dan tidak akan pernah melepaskannya.
515"Mother Mio"
Transkripsi: "Hahanaru Mio" (Jepang: 母なる零)
TBATBATBA8 Mei 2024 (2024-05-08)TBA

Rencana Mio untuk membangkitkan Shinji adalah dengan menyimpan Shinji yang belum lahir di dalam rahimnya dan mengubahnya menjadi Spirit, sama seperti dirinya. Namun, dia tahu bahwa tubuh manusia Shinji tidak akan mampu menangani kekuatan sebesar itu, jadi dia mulai mendistribusikan kekuatannya kepada para wanita yang nantinya akan menjadi Spirit, sehingga Shinji, yang nantinya akan terlahir kembali sebagai Shido, menyerap kekuatan itu dan menjadi seperti Mio.

Di masa sekarang, Kurumi tewas akibat luka-lukanya dan Mio mengambil Sephira dan mengembalikan ingatan Shido dari kehidupan masa lalunya, menegaskan bahwa Shinji dan Shido adalah orang yang sama. Di atas kapal Fraxinus, Reine mengungkapkan dirinya hanyalah bagian dari Mio, yang dikirim untuk mengamati kemajuan Shido dalam mengumpulkan kekuatan Spirit. Mio dan Reine bergabung menjadi satu orang, yang ingin Shido bergabung dengannya dalam keabadian bersama. Namun, Shido merasa ngeri ketika menyaksikan panjangnya perjalanan yang harus dilalui Mio untuk mencapai tujuannya, dan Tohka, Kaguya, dan Yuzuru berusaha membelanya, tetapi Mio memindahkannya ke tempat penampungan bawah tanah bersama dengan murid-murid lain di SMA Raizen untuk mencegahnya terluka.

Mio menggunakan Malaikatnya, Ain Soph Aur, untuk memperluas medan energi yang sangat besar yang menetralisir pasukan Nibelcolle dan melumpuhkan beberapa pejuang di kedua belah pihak, Mikie Okamine. Origami menyuruh Kusakabe untuk berlindung di dalam Fraxinus sementara para Spirit melanjutkan untuk membantu Shido. Sementara itu, Woodman mencoba untuk berunding dengan Ellen, yang masih marah karena Woodman mengkhianatinya dan Westcott dan membawa saudarinya, Karen, bersamanya. Woodman mengakui bahwa dia tidak pernah ingin menyakiti perasaan teman-temannya, tetapi setelah menyaksikan Spirit of Origin untuk pertama kalinya, dia menjadi tidak mampu menggunakannya untuk mencapai tujuan mereka, dan Karen dengan sukarela memilih untuk mengikutinya.

Terlepas dari upaya terbaik mereka, Tohka, Kaguya dan Yuzuru tidak dapat menembus penghalang pertahanan Mio dan Mio membunuh Kaguya dan mengambil Sephira yang terbagi, sangat mengejutkan Yuzuru. Shido menjelaskan kepada teman-teman sekolahnya bahwa Tohka dan Spirits berada dalam masalah dan harus pergi untuk membantu mereka, dan mereka setuju untuk mengalihkan perhatian Profesor Okamine saat dia meninggalkan tempat penampungan dan kembali ke medan perang, hanya untuk menemukan Westcott yang sudah menunggunya dan bersiap untuk bertarung untuk melihat siapa yang benar-benar layak untuk mendapatkan kekuatan Spirit.
526"The Three Magi"
Transkripsi: "San'nin no Majutsu-shi" (Jepang: 三人の魔術師)
TBATBATBA15 Mei 2024 (2024-05-15)TBA

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Informasi diambil dari kredit akhir setiap episode.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mateo, Alex (5 Maret 2024). "Date A Live V Anime Premieres on April 10". Anime News Network. Diakses tanggal 5 Maret 2024. 
  2. ^ Joanna's Cayanan (15 Februari 2024). "Date A Live V Anime's 1st Promo Video Reveals April Premiere, Previews Opening Song by Miyu Tomita". Anime News Network. Diakses tanggal 15 Februari 2024. 
  3. ^ "On'ea | Anime "Dēto A Raibu V" Kōshiki Saito" ONAIR | アニメ『デート・ア・ライブV』公式サイト [On Air | Anime "Date A Live V" Official Website]. date-a-live5th-anime.com (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Februari 2024. Diakses tanggal 20 Maret 2024. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]