António José de Almeida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
António José de Almeida
Almeida, c. 1920-22
Presiden Portugal
Masa jabatan
5 Oktober 1919 – 5 Oktober 1923
Perdana MenteriAlfredo de Sá Cardoso
Francisco Fernandes Costa
Domingos Pereira
António Maria Baptista
José Ramos Preto
António Maria da Silva
António Granjo
Álvaro de Castro
Liberato Pinto
Bernardino Machado
Tomé de Barros Queirós
António Granjo
Manuel Maria Coelho
Carlos Maia Pinto
Francisco Cunha Leal
António Maria da Silva
Perdana Menteri Portugal
Masa jabatan
16 Maret 1916 – 25 April 1917
PresidenBernardino Machado
Sebelum
Pendahulu
Afonso Costa
Pengganti
Afonso Costa
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir(1866-07-27)27 Juli 1866
Vale da Vinha, Portugal
Meninggal31 Oktober 1929(1929-10-31) (umur 63)
Lisbon, Portugal
Partai politikRepublikan Portugal
Evolusionis
Liberal Republikan
Suami/istriMaria Joana Queiroga
AnakMaria Teresa
PekerjaanPolitikus
ProfesiDokter
Tanda tangan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

António José de Almeida, GCTE, GCA, GCC, GCSE (pengucapan bahasa Portugis: [ɐ̃ˈtɔniu ʒuˈzɛ ðɨ alˈmɐjðɐ]; 27 Juli 1866 – 31 Oktober 1929), adalah seorang dokter dan politikus asal Portugis yang pernah menjabat sebagai Presiden Portugal dari tahun 1919 hingga tahun 1923. Selain itu ia juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Portugal dari tahun 1916 hingga tahun 1917.

Kehidupan awal dan politik[sunting | sunting sumber]

António José de Almeida dilahirkan di Penacova. Kedua orang tuanya bernama José António de Almeida dan Maria Rita das Neves. Almeida menempuh pendidikan kedokteran di Universitas Coimbra dan berhasil mendapatkan gelar dokter.

Setelah Revolusi 5 Oktober 1910, disusul dengan berdirinya Republik Portugal, de Almeida ditunjuk menjadi Menteri Dalam Negeri[1]. Semasa ia menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri, ia menjadi pelopor berdirinya Universitas Lisboa dan Universitas Porto pada tahun 1911. Selain itu ia juga dikenal sebagai salah satu figur republikan yang dihormati dan karena prestise yang ia terima, ia memimpin sayap moderat di Partai Republikan Portugis untuk melawan Afonso Costa dan memilih Manuel de Arriaga sebagai Presiden Portugal Ke-1 pada 24 Agustus 1911 serta mengalahkan calonnya Costa yaitu Bernardino Machado.

António José de Almeida kemudian mendirikan Partai Evolusionis yang kemudian bertindak menjadi oposisi di Portugal. Pada 16 Maret 1916, de Almeida ditunjuk menjadi Perdana Menteri Portugal dan sekaligus menjadi Menteri Keuangan pada 12 Juni 1916. Belakangan, Partai Evolusionis dan Partai Persatuan Republik, partai Manuel de Brito Camacho, bergabung untuk membentuk Partai Liberal Republik yang baru, pada tahun 1919, yang kemudian memenangkan pemilihan legislatif.

Kepresidenan[sunting | sunting sumber]

Pada 6 Agustus 1919, António José de Almeida terpilih menjadi Presiden Portugal dan sepanjang berdirinya Republik Portugal Pertama, hanya António José de Almeida yang menyelesaikan satu masa jabatan penuh selama empat tahun. Dia menghadapi ketidakstabilan politik terbesar dalam rezim dan hampir mengundurkan diri. Ia juga dikenang karena perjalanannya ke Brasil, pada tahun 1922, pada peringatan seratus tahun kemerdekaan negara tersebut dari Portugal, di mana ia dikenal sebagai pembicara yang brilian.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

António José de Almeida menikah dengan Maria Joana de Morais Perdigão Queiroga pada 14 Desember 1910. Mereka berdua dikaruniai oleh seorang anak perempuan.

Tanda Jasa dan Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Catatan dan Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "With the proclamation of the Republic and the installment of the first provisional government, which was led by Teófilo Braga with António José de Almeida as Interior Minister and Afonso Costa as Minister of Justice, all of whom were freemasons" A Shortened History of Freemasonry in Portugal, Petrestones Review
  2. ^ a b c d "CIDADÃOS NACIONAIS AGRACIADOS COM ORDENS PORTUGUESAS – Página Oficial das Ordens Honoríficas Portuguesas". www.ordens.presidencia.pt (dalam bahasa Portugis). Diakses tanggal 2017-08-07. 

External links[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Afonso Costa
Perdana Menteri Portugal
1916
1916–1917
Diteruskan oleh:
Afonso Costa
Didahului oleh:
João do Canto e Castro
Presiden Portugal
1919–1923
Diteruskan oleh:
Manuel Teixeira Gomes