Empath

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Empath dalam psikologi berarti orang-orang yang memiliki tingkat empati yang lebih tinggi dari orang kebanyakan, atau disebut juga hiper empati.[1] Walaupun mengukur tingkat empati sulit, hasil tes seperti EQ-8 telah banyak diterima sebagai tipe karakter empatik. Orang-orang yang hiper sensitif juga sering dianggap sebagai empath, namun juga biaa digunakan untuk menjelaskan tentang pemrosesan sensitivitas sensori.

Istilah empath sering digunakan untuk cakupan lebih luas untuk mendeskripsikan seseorang yang cakap dalam memahami, misalnya lebih sensitif terhadap perasaan orang lain, dibanding rata-rata manusia, atau untuk mendeskripsikan sesorang dengan orang yang memiliki spektrum empatis yang sangat luas. Dilihat dari sudut ini, seorang empath bisa mempersepsikan, memahami, atau merasakan apa yang dirasakan orang lain, tanpa harus melakukan komunikasi, atau sering dianggap sebagai penglihatan kedua atau telepatis.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Genetic and Neuro-Physiological Basis for Hyper-Empathy | Psychology Today". www.psychologytoday.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-05-10.