Lompat ke isi

Paus (mamalia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Paus laut)
Paus
Rentang fosil: 50–0 jtyl
<smalbmbbmbl>Eosen – sekarang
Paus Bungkuk
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Artiodactyla
Infraordo: Cetacea
Kelompok yang termasuk
Kelompok yang tidak termasuk

Paus atau lodan adalah kelompok mamalia laut berplasenta akuatik yang tersebar luas dan beragam . Sebagai pengelompokan informal dan sehari-hari , mereka berhubungan dengan anggota besar infraorder Cetacea, yaitu semua setasea selain lumba-lumba dan lelumba-hitam . Lumba-lumba dan lelumba-hitam dapat dianggap sebagai paus dari sudut pandang formal dan kladistik . Paus, lumba-lumba, dan lelumba-hitam termasuk dalam ordo Setartiodaktila , yang terdiri dari hewan berkuku genap . Kerabat terdekat mereka yang masih hidup di luar setasea adalah kuda nil , tempat mereka berpisah dengan setasea lainnya sekitar 54 juta tahun yang lalu. Dua paus parvorder , paus balin (Mysticeti) dan paus bergigi (Odontoceti), diperkirakan memiliki nenek moyang terakhir mereka sekitar 34 juta tahun yang lalu. Mysticetes mencakup empat famili ( yang masih hidup) : Balaenopteridae (rorkual), Balaenidae (paus sikat), Cetotheriidae (paus kerdil), dan Eschrichtiidae (paus kelabu). Odontocetes termasuk Monodontidae (beluga dan paus tanduk), Physeteridae ( paus sperma ), Kogiidae (paus lodan), dan Ziphiidae (paus paruh), serta enam famili lumba-lumba dan lelumba-hitam yang tidak dianggap sebagai paus. dalam arti informal.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Paus memiliki tubuh berbentuk torpedo dengan leher tidak fleksibel, anggota badan dimodifikasi menjadi sirip, penutup telinga luar tidak ada, sirip ekor besar, dan kepala datar (kecuali monodontidae dan ziphiidae ). Tengkorak paus mempunyai orbit mata yang kecil, moncong yang panjang (kecuali monodontidae dan ziphiida) dan mata terletak di sisi kepalanya. Ukuran paus berkisar dari paus lodan kecil berukuran 2,6 meter (8,5 kaki) dan 135 kilogram (298 lb) hingga paus biru berukuran 34 meter (112 kaki) dan 190 metrik ton (210 ton pendek). Secara keseluruhan, mereka cenderung mengerdilkan setartiodaktila lainnya; paus biru adalah makhluk terbesar di Bumi. Beberapa spesies memiliki dimorfisme seksual yang bias perempuan, dengan betina lebih besar daripada jantan. Satu pengecualian adalah koteklema, yang jantannya lebih besar dari betina.

Odontocetes, seperti koteklema, memiliki gigi dengan sel sementum di atas sel dentin . Berbeda dengan gigi manusia yang sebagian besar terdiri dari email pada bagian gigi di luar gusi, gigi paus memiliki sementum di luar gusi. Hanya pada paus yang lebih besar, yang sementumnya terkikis di ujung gigi, emailnya terlihat. Mysticetes mempunyai tulang paus yang besar , berbanding dengan gigi, yang terbuat dari keratin. Mysticetes mempunyai dua lubang sembur, sedangkan Odontocetes hanya mempunyai satu.

Pernafasan melibatkan pengeluaran udara pengap dari lubang sembur , membentuk semburan beruap ke atas, diikuti dengan menghirup udara segar ke paru-paru; paru-paru paus bungkuk dapat menampung sekitar 5.000 liter (1.300 US gal) udara. Bentuk cerat berbeda antar spesies, sehingga memudahkan identifikasi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]