Wikipedia:Warung Kopi (Berita)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wikipedia:Wikipos/Ruang berita)
Komentar terbaru: 3 hari yang lalu oleh MediaWiki message delivery pada topik Wikidata weekly summary #628
Warung Kopi - ruang berita   kirim topik baru

Bagian berita dari Warung Kopi ini digunakan untuk membicarakan mengenai berita-berita seputar proyek-proyek Wikimedia.

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Warung Kopi
Kebijakan
Kebijakan
Usulan
Usulan
Teknis
Teknis
Bahasa
Bahasa
Berita
Berita
Lain-lain
Lain-lain
Komunitas
Komunitas
Semua
Semua
Kembali ke atas
Kembali ke atas

Wikidata

Ditransklusikan dari Wikipedia:Wikidata/Berita


Wikidata weekly summary #626

Here's your quick overview of what has been happening around Wikidata over the last week.
This is the Wikidata summary of the week before 2024-05-06.
Translations are available.

Discussions

Events

Press, articles, blog posts, videos

Tool of the week

  • Wikidata periodic table - Tool by User:Ricordisamoa, to browse all chemical elements available on Wikidata, with atomic number, chemical symbol, and localized label. It also includes two charts of the nuclides, with links to every isotope in Wikidata, colored by half-life or decay mode.

Other Noteworthy Stuff

  • A new UI mode is available for the online validator for EntitySchemas. It represents validation reports as a table rather than a very long string, and replaces most links with hyperlinks with some of the text behind them; making them easier to read. Currently being tested at https://shex-validator.toolforge.org/packages/shex-webapp/doc/shex-simple-improved.html, we are looking for participants to evaluate this tool. Some experience with editing Wikidata is appreciated, but no experience working with Schemas is required. If you are interested, you can sign up here. We hope to begin interviews around May 13. For more details, visit User:M.alten.tue

Newest properties and property proposals to review

You can comment on all open property proposals!

Did you know?

Development

  • We attended the Wikimedia Hackathon.
  • REST API: We are finishing the route for creating an Item (phab:T342990) and modify the data of a Property (phab:T347394)
  • EntitySchemas: We are continuing the work on creating the new datatype to link to EntitySchemas in statements (phab:T214884)

You can see all open tickets related to Wikidata here. If you want to help, you can also have a look at the tasks needing a volunteer.

Weekly Tasks

Wikidata weekly summary #627

Here's your quick overview of what has been happening around Wikidata over the last week.
This is the Wikidata summary of the week before 2024-05-13.
Please help Translate.

Discussions

Press, articles, blog posts, videos

Tool of the week

Newest properties and property proposals to review

You can comment on all open property proposals!

Did you know?

Development You can see all open tickets related to Wikidata here. If you want to help, you can also have a look at the tasks needing a volunteer.

Weekly Tasks

· Unsubscribe · Help translate · Mohammed Abdulai (WMDE) (bicara) 16:04, 13 May 2024 (UTC)

Wikidata weekly summary #628


Teknis

Berita teknis Wikimedia ditransklusikan dari Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Berita


Berita Teknis: 2024-19

Berita teknis terkini dari komunitas teknis Wikimedia. Simak berita ini versi dalam terjemahan langsung dari Bahasa Inggris pada halaman ini.

rtnF bicara 6 Mei 2024 05.45 (UTC)Balas

Berita Teknis: 2024-20

Berita teknis terkini dari komunitas teknis Wikimedia. Simak berita ini versi dalam terjemahan langsung dari Bahasa Inggris pada halaman ini.

  • Kini Anda dapat menghilangkan suatu halaman Wikisource dari daftar halaman tanpa pindaian dengan menggunakan kode __EXPECTWITHOUTSCANS__.
  • Fitur "pratinjau tanpa memuat ulang halaman" (show preview without reloading the page) kini telah mendukung pratinjau terhadap kode templat.
  • Peta Kartographer kini dilengkapi dengan atribut alternate text (alt=). Atribut ini akan ditampilkan jika pengguna tidak berhasil memuat tampilan peta pada layar.
  • Notifikasi tur singkat pengenalan fitur recent changes filters, yang dibuat pada tahun 2017 telah dinonaktifkan. Beberapa alasan penonaktifan notifikasi tersebut dijabarkan di sini.
  • Layout HTML laman Special:Search diwacanakan akan segera beralih ke CSS flex. Beberapa gadget Wikipedia yang bergantung pada laman ini berpotensi rusak jika rencana ini benar-benar dijalankan. Oleh karena itu, bagi para pengembang tool Wikipedia yang berkaitan terhadap laman tersebut diharapkan untuk segera menyesuaikan script toolnya masing-masing.
  • Terdapat rencana pelebaran ukuran halaman pada tampilan skin Vector 2022.
  • Desain database MediaWiki -- khususnya pada sistem penyimpanan hubungan pranala antar halaman -- akan segera dirancang ulang untuk menghemat ukuran penyimpanan data.
    • Sebagai dampak dari perancangan ulang ini, kolom pl_namespace dan pl_title pada tabel database pagelinks (sebuah tabel yang menyimpan pasangan halaman yang memiliki hubungan pranala) akan segera dihapus. Sebagai alternatif penggantinya, Anda dapat menggunakan kolom lt_namespace dan lt_namespace pada tabel database linktarget (sebuah tabel yang hanya menyimpan halaman yang dijadikan target pranala oleh halaman lain).
    • Setelah perancangan ulang ini, kode SQL untuk mengakses hubungan pranala antar halaman perlu diperbarui. Informasi laman target tidak lagi disimpan di tabel pagelinks, melainkan harus diakses melalui tabel linktarget.
      • Sebagai contoh, kode SELECT pl_namespace, pl_title, pl_from_namespace, pl_from FROM pagelinks harus diubah menjadi SELECT lt_namespace, lt_title, pl_from_namespace, pl_from FROM pagelinks JOIN linktarget ON lt_id = pl_target_id
  • MediaWiki versi 1.43/wmf.5 akan diinstal pada seluruh wiki pada tanggal 16 Mei 2024.

rtnF bicara 13 Mei 2024 11.24 (UTC)Balas

Berita Teknis: 2024-21

Berita teknis terkini dari komunitas teknis Wikimedia. Simak berita ini versi dalam terjemahan langsung dari Bahasa Inggris pada halaman ini.

  • Bug pada ekstensi Nuke -- sebuah ekstensi yang digunakan pengurus untuk menghapus banyak artikel secara massal sekaligus -- telah diperbaiki. Sebelumnya, halaman yang telah dipindahkan tidak bisa terhapus oleh ekstensi ini.
  • Terdapat beberapa pembaruan terhadap tampilan alur pengunggahan pada Wikimedia Commons. Selain perbaikan visual dan teks deskripsi panduan, kolom caption kini wajib diisi oleh pengunggah berkas. Pengguna juga dapat memilih opsi penyalinan isi kolom caption ke kolom deskripsi media seacara otomatis.
  • Mulai tanggal 22 Mei 2024, struktur HTML heading pada beberapa skin MediaWiki (Timeless, Modern, CologneBlue, Nostalgia, dan Monobook) akan diperbarui untuk meningkatkan aksesibilitas halaman. Karena perubahan ini dapat berpotensi merusak gadget yang sudah ada, para pengembang gadget harap segera menguji-coba ulang gadgetnya terhadap perubahan tersebut dan melaporkan masalah yang ditemui sebelum perubahan ini diterapkan secara lebih luas pada skin-skin yang lain.
    • Sementara itu, tim Wikimedia sedang mengembangkan Gadget API untuk menyeragamkan penambahan menu pada bagian judul halaman. Anda dapat membantu pengembangan API ini dengan mengirimkan kritik, saran dan masukan.
  • MediaWiki versi 1.43/wmf.6 akan diinstal pada seluruh wiki pada tanggal 23 Mei 2024.

rtnF bicara 20 Mei 2024 05.49 (UTC)Balas