Combro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Comro)
Comro tersaji di atas piring

Comro (bahasa Sunda: ᮎᮧᮙᮢᮧ , translit. Comro lakuran dari: oncom di jero, harf. "Oncom di dalam") adalah gorengan khas Sunda.[1]. Comro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat atau lonjong dan diisi dengan sambal oncom dan cabai lalu digoreng.[butuh rujukan][2] Ada juga yang menambahkan kencur dalam adonan isian comro tersebut, sehingga comro memiliki rasa yang khas. Comro adalah salah satu makanan khas Jawa Barat. Kudapan ini banyak dijajakan oleh penjual gorengan gerobak, yang dijual bersama dengan cireng, gehu, bala-bala, pisang goreng, dan jenis gorengan lainnya. Makanan lain yang sejenis dengan comro, namun memiliki rasa yang manis adalah misro (amis di jero) atau manis di bagian dalamnya. Misro, biasanya terbuat dari singkong parut dengan isian gula merah di dalamnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Khairunnisa, Syifa Nuri (2020-08-09). Aisyah, Yuharrani, ed. "Resep Comro Khas Sunda, Camilan Gurih Berisi Oncom". Kompas.com. Diakses tanggal 2021-12-13. 
  2. ^ sholikhawan, fajri digit. "Combro, Makanan Tradisional Khas Jawa Barat yang Berbahan Baku Singkong dan Oncom". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2022-05-18. 


Buku resep Wikibooks memiliki artikel mengenai