Babi panggang (Indonesia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Babi panggang)
Babi panggang
Hidangan babi panggang khas Batak, disajikan dengan saus celup yang terbuat dari darah.
Nama lainBipang, B2 panggang
JenisMakan siang, makan malam
Tempat asalIndonesia
DaerahSumatera Utara, Sulawesi Utara, Bali, dan berbagai tempat di Indonesia; juga populer di Asia Tenggara dan Belanda
Masakan nasional terkaitIndonesia dan Belanda
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Babi panggang merujuk kepada aneka jenis hidangan Indonesia yang terbuat dari daging babi yang dipanggang.[1] Di Indonesia terdapat beberapa jenis hidangan babi panggang yang terkenal, antara lain babi panggang karo (lazim disingkat BPK), bipang ambawang, dan babi panggang merah.

Babi panggang ala Batak[sunting | sunting sumber]

Babi panggang Karo dan Babi panggang Toba adalah dua jenis makanan khas dari orang Batak Toba and orang Karo dari Sumatera Utara yang kebanyakan menganut agama Kristen.[2] Dalam budaya Batak Toba, ternak babi memiliki nilai yang penting. Selain sebagai mata pencarian, beternak babi tidak dapat dipisahkan dari budaya Batak.[3] Babi dipotong dan semua bagian tubuhnya digunakan untuk membuat babi panggang—tulangnya direbus dan digunakan untuk membuat kuah kaldu, daging termasuk jerohannya dipanggang, semetara darahnya ditampung dan dibumbui untuk dijadikan saus.

Babi panggang Karo biasanya disajikan dengan sup bening kuah kaldu, darahnya dijadikan saus cocol, daun ubi tumbuk, dan tuak yang dibuat dari sari sadapan air nira.[4] Makanan khas Batak ini disajikan dengan nasi putih dan sambal andaliman, yang dibuat dari andaliman.[5]

Babi panggang ala Tionghoa[sunting | sunting sumber]

Di bagian lain dari Indonesia serta Malaysia, di mana orang Tionghoa adalah kelompok masyarakat yang paling banyak mengonsumsi daging babi, istilah babi panggang secara sederhana merujuk kepada jenis babi panggang cara Tionghoa—babi panggang putih merujuk kepada Sio Bak atau siu yuk (燒肉), dan babi panggang merah yaitu char siu (叉燒).[6]

Babi panggang ala Belanda[sunting | sunting sumber]

Babi panggang speciaal met nassie, babi panggang ala Belanda, menu kombinasi makanan beli bawa pulang yang populer di Belanda yang terdiri atas babi panggang dengan saus dan nasi goreng

Di Barat, khususnya di Belanda, babi panggang adalah hidangan daging babi yang disajikan dengan saus yang dibuat dari tomat. Hidangan campuran Belanda/Indonesia/China ini disebut babi panggang speciaal di Belanda, dan speciaal saus ("saus istimewa").[7]

Versi babi panggang campuran ini menjadi populer di Belanda dan kawasan Flanders berkat peran "Restoran China-Indonesia", yang lazim di Belanda sejak akhir dasawarsa 1960-an dan awal 1970-an. Rumah makan ini umumnya dimiliki dan dijalankan oleh pendatang dari Hong Kong. Hidangan ini terdiri atas irisan babi goreng yang disajikan di atas acar campur yang dibuat dari irisan kubis dan wortel khas Indonesia; yang ditulis atjar tjampoer dalam bahasa Belanda, kemudian saus dituangkan di atasnya. Sangat mungkin hidangan ini dikembangkan oleh koki asal Kanton, baik yang berasal dari Hindia Belanda (kini Indonesia) atau yang langsung bermigrasi ke Belanda bersamaan dengan arus migrasi orang Asia dan Indo setelah Belanda kehilangan negeri jajahannya ketika Indonesia merdeka, serta meningkatnya arus migrasi internasional.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Babi panggang, Traditional Pork Dish From Sumatra". www.tasteatlas.com. Diakses tanggal 2021-03-18. 
  2. ^ Media, Kompas Cyber (2023-07-06). "7 Masakan Batak Paling Ikonik dengan Cita Rasanya yang Khas". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2024-05-29. 
  3. ^ "Babi dalam Masyarakat Batak Toba". Historia - Majalah Sejarah Populer Pertama di Indonesia. 2020-02-11. Diakses tanggal 2024-05-29. 
  4. ^ Ipelona, Edika (19 July 2020). "Wajib Coba! Inilah 5 Kuliner Khas Karo yang Menggugah Selera!". KOMPAS.tv. Diakses tanggal 2023-03-13. 
  5. ^ "BPK or BPT: Make Mine a B2". Eating Asia. 2007-03-12. 
  6. ^ "48 Resep Babi Panggang Cina Enak dan Mudah". Cookpad. Diakses tanggal 2024-05-29. 
  7. ^ "Babi Pangang Speciaal". Royal San Kong (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-05-29.